Jangan Panik! Ini 5 Tips Pertolongan Pertama bagi Pengidap Epilepsi yang Kambuh Mendadak

Jangan Panik! Ini 5 Tips Pertolongan Pertama bagi Pengidap Epilepsi yang Kambuh Mendadak
Epilepsi atau ayan bisa kambuh kapan saja dan dalam situasi yang tidak terprediksi. (Pixabay)

Orang yang kejang karena epilepsi bisa saja meninggal jika dibiarkan begitu saja. Nah, agar hal tersebut nggak terjadi, ada 5 tips menghadapi pengidap epilepsi yang kambuh mendadak yang bisa kamu terapkan.

Inibaru.id – Saat orang yang di sampingmu mendadak kejang jangan langsung mengira dia sedang kesurupan ya. Mungkin saja dia epilepsinya kambuh.

Secara medis, epilepsi merupakan gangguan sistem saraf pusat yang menyebabkan pola aktivitas otak nggak stabil. Efeknya, orang tersebut akan kejang-kejang hingga kesadarannya hilang.

Jika kamu menjumpai orang yang mendadak kejang dan terindikasi mengidap epilepsi, kamu wajib menjalankan lima tips ini!

1. Tenang

Yap, tenang adalah kunci utama untuk menangani orang yang tengah kambuh epilepsinya. Tanpa ketenangan, kamu justru akan memperkeruh suasana dan makin memperparah keadaan. Jadi, jika memang kamu menjumpai orang yang kejang, pastikan untuk tetap tenang!

2. Pastikan nggak ada benda membahayakan

Orang yang epilepsinya kambuh cenderung nggak sadar dan dapat melakukan hal yang cukup membayahakan. Jadi, alangkah baiknya jika kamu memastikan bahwa nggak ada barang yang membahayakan di sekitarnya. Sebab, nggak hanya diri dia sendiri yang bisa saja terluka, tapi juga orang lain yang ada di dekatnya.

3. Posisikan miring

Usahakan badan pengidap epilepsi dalam kondisi miring. Kamu bisa mengganjalnya dengan bantal atau ganjalan lainnya di bawah kepalanya. Buka rahangnya dan picu agar dia bisa muntah.

4. Ajak komunikasi

Usahakan untuk tetap mengajaknya berbicara. Meskipun dia nggak merespon, setidaknya kamu bisa mengamati kestabilan korban dan bisa mengetahui jika sewaktu-waktu dia sadar.

5. Minta bantuan sekitar

Mintalah pertolongan orang sekitar dengan tenang agar suasana nggak kacau. Sebab, semakin kacau suasana di sekitar korban justru bisa membuat kondisi korban kian labil.

So, gimana, Millens? Kuncinya tetap tenang! (IB23/E05)