Jangan Panik! Ini 4 Tips Sederhana Atasi Mimisan!

Jangan Panik! Ini 4 Tips Sederhana Atasi Mimisan!
Atasi mimisan dengan tenang, jangan asal-asalan disertai panik! (Pixabay)

Mimisan itu nggak selalu disebabkan oleh penyakit berbahaya atau kelainan medis yang menjangkitimu. Kadang, kondisi tubuh yang kurang fit dan luka di area hidung pun bisa membuatmu mimisan. Nah, biar kamu nggak salah kaprah, yuk perhatikan baik-baik tips penanganan buat orang mimisan!

Inibaru.id – Mimisan atau keluarnya darah dari hidung seringkali membuat orang panik. Tapi nggak selamanya mimisan jadi indikasi penyakit serius kok, Millens. Nah, kalau kamu mengalami mimisan, coba deh praktikkan cara sederhana berikut ini!

Jangan panik!

Nggak hanya mimisan, tips yang satu ini harusnya dapat diterapkan untuk keadaan apapun. Soalnya saat kamu panik, kamu akan kesulitan berpikir jernih. Kalau tiba-tiba kamu mimisan, langsung saja tangani sendiri atau minta pertolongan orang di sekitar jika memang diperlukan. Lalu, misalnya udah lebih dari 15 menit darah yang mengucur belum juga berhenti, jalan terbaik adalah menghubungi dokter.

Hindari Berbaring dan Jangan Dongakkan Kepala!

Wajar sih kalau lagi mimisan terus refleks mendongakkan kepala, apalagi dalam kondisi panik. Mungkin mikirnya kalau kepala dongak, darah yang mengucur bakal bisa berhenti. Tapi sebenarnya, itu malah bahaya, lo! Soalnya, saat kamu mendongakkan kepala, ada kemungkinan darah akan masuk ke belakang tenggorokkan dan menjadikanmu tersedak. Parahnya lagi, kamu bisa saja muntah kalau sampai darahnya tertelan hingga masuk ke dalam perut. Hmmm, ngeri ya?

Eh, satu lagi. Usahakan kamu duduk dalam posisi tegak, ya! Jangan sampai berbaring karena itu bisa membuat darahmu kembali masuk ke saluran pernapasan.

Tekan Cuping Hidungmu, Tahan Bersin maupun Batuk!

Yap, teknik ini bisa kamu terapkan agar terjadi penekanan dan darah yang mengalirpun dapat berhenti. Nah, selama kamu menekan cuping hidung, kamu bisa bernapas menggunakan mulut ya, Millens!

Oya, usahakan juga untuk menahan bersin dan batuk saat mimisan, sebab hal tersebut dapat membuat aliran darah yang hampir mengering akan kembali mengucur.

Kompres dengan Es atau Air Dingin

Es batu atau air dingin diyakini mampu menghentikan aliran darah yang mengucur. Jadi misalnya kamu tiba-tiba mimisan, kompres saja pakai es batu! Kalau nggak ada, coba basahi kain handuk dengan air dingin kemudian kompreskan ke hidungmu.

Gimana, Millens? Gampang, kan? Semoga bermanfaat ya, Millens. (IB23/E05)