Jangan Ngawur! Antibiotik Bukan Obat Jerawat, Begini Penjelasannya!

Jangan Ngawur! Antibiotik Bukan Obat Jerawat, Begini Penjelasannya!
Viral unggahan Instagram Story mengenai antibiotik yang dijadikan obat jerawat! (Kompas)

Akhir-akhir ini beredar isu di media sosial bahwa antibiotik yang dicampur dengan air mawar bisa menyembuhkan jerawat. Hmmm, kira-kira gimana ya penjelasan medisnya?

Inibaru.id – Akhir-akhir ini viral sebuah informasi bahwa antibiotik Amoxilin diklaim bisa menyembuhkan jerawat. Merujuk pada sebuah artikel Kompas (22/6) terkait hal tersebut, diketahui bahwa awalnya ada seseorang yang menanyakan kemanjuran antibiotik dalam penyembuhan jerawat. Kemudian beberapa warganet menanggapinya dengan berbagai reaksi, termasuk sebuah penjelasan dari orang yang telah mempraktikannya.

“Liat sebuah tips (Amoxilin dicampur air mawar) di Instagram Story orang hehe aku screenshot, langsung kupraktikkan deh. Dan Asli manjur topcer," tulis seorang warganet. Unggahan itu pun viral hingga dibagikan ulang (di-retweet) sebanyak 112 orang dan disukai oleh 540 warganet di dunia Twitter.

Menanggapi hal itu, Dr.dr. Windy Keumala Budianti, SpPK. pun menyatakan bahwa penggunaan antibiotik untuk obat jerawat adalah tindakan yang sembrono karena Amoxilin memiliki risiko resistensi yang besar.

"Bakteri yang utama kan Propionibacterium acnes. Dengan Doxycicilin dan Klindamisin sudah cukup. Kalau Amoxilin, risiko resistensi lebih besar," ujarnya pada Kompas.

Ismiralda Oke Putranti, SpPK juga turut buka suara dan menyatakan, “Itu cara yang salah kaprah. Antibiotik hanya boleh diberikan oleh dokter, karena pemakaian antibiotik yang sembarangan membuat kuman menjadi resisten terhadap antibiotik,” pada Kompas.

Oke juga menegaskan bahwa penggunaan antibiotik yang nggak sesuai dengan dosis atau anjuran dokter justru akan memicu terjadinya infeksi bakteri Propionibacterium acnes yang sebenarnya wajar pada folikel rambut.

So, buat ciwi-ciwi yang tergiur akan dampak instan penggunaan antibiotik dalam penyembuhan jerawat, mohon lebih berhati-hati lagi, ya! Jangan ngawur karena kecerobohan kecil bisa berakibat fatal! Apalagi kalau nyangkut urusan kesehatan dan kecantikan, hmmm. Pokoknya jangan ngawur lah, Millens! He-he. (IB23/E05)