Jangan Menyerah! Ini 5 Tips Agar Cepat Dapat Kerja

Jangan Menyerah! Ini 5 Tips Agar Cepat Dapat Kerja
Ilustrasi pencari kerja. (Shutterstock)

Merasa usahamu sudah maksimal untuk melamar kerja namun nggak kunjung diterima? Mungkin kamu perlu mencoba 5 tips berikut ini agar bisa cepat dapat kerja!

Inibaru.id – Kamu yang masih berjuang hingga kini untuk mendapatkan pekerjaan mungkin sudah lelah untuk memasukkan lamaran ke sana- sini. Eits jangan menyerah dulu! Mungkin ada beberapa kesalahan sehingga menyebabkan kamu nggak kunjung dapat kerja.

Agar usahamu nggak sia-sia, berikut ini adalah tips bagi para pelamar agar cepat dapat kerja

1. Periksa CV

Minimalisasi kesalahan dalam CVmu. (iStockphoto)
Minimalisasi kesalahan dalam CVmu. (iStockphoto)

Sebagian besar pelamar akan gagal di bagian ini karena typo atau kesalahan penulisan tata bahasa di CV. Para perekrut bakal langsung membuang CV mu karena terlihat nggak sungguh-sungguh. CV yang baik juga menyampaikan kapasitas dan juga pengalamanmu secara ringkas dan to the point. Jangan terlalu berlebihan dalam membuat dan mendesain CV supaya lamaranmu nggak ditolak mentah-mentah.

2. Buat Beberapa CV

Buat beberapa CV yang berbeda. (Rimma.co)
Buat beberapa CV yang berbeda. (Rimma.co)

Sesuaikan konten dalam CV-mu dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. Mengganti CV tiap kamu akan melamar kerja akan memungkinkan menghindari kesalahan pengetikan maupun grammatical error. Untuk itu kamu perlu mempersiapkan beberapa CV yang berbeda untuk jabatan atau perusahaan yang berbeda.

3. Rekomendasi Orang Dalam

Manfaatkan orang dalam. (iStockphoto)
Manfaatkan orang dalam. (iStockphoto)

Orang dalam nggak melulu merujuk pada hal yang buruk. Kamu bisa memanfaatkan mereka untuk memberimu rekomendasi pada perekrut agar kamu lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang kamu incar. Mereka juga bisa jadi informan akurat terhadap informasi lowongan lo!

4. Maksimalkan Komunikasi Lewat Surel

Gunakan surel untuk memaksimalkan komunikasi. (iStockphoto)
Gunakan surel untuk memaksimalkan komunikasi. (iStockphoto)

Komunikasi yang baik lewat surel efektif untuk meningkatkan kemungkinan diterima kerja. Mulailah dengan mengirim surel ke alamat yang tepat. Selanjutnya buatlah judul dan subjek yang bikin perekrut penasaran. Jangan lupa sertakan salam dan terimakasih dalam emailmu. Kamu dapat menindaklanjuti emailmu jika dalam dua hari belum mendapat balasan.

5. Buat Laman pribadi

Buat website atau blog pribadi. (iStockphoto)
Buat website atau blog pribadi. (iStockphoto)

Selain memanfaatkan LinkedIn, kamu bisa meningkatkan daya tawarmu dengan membuat laman pribadi yang menampilkan kemampuanmu. Hal ini bisa membuka peluangmu untuk diterima kerja menjadi lebih besar.

Nah itulah beberapa hal yang bisa membantumu cepat dapat kerja. Semoga bermanfaat, Millens.(Mer/IB27/E05)