Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang Kalau Nggak Mau Terkena Dampak Ini

Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang Kalau Nggak Mau Terkena Dampak Ini
Efek mengikat rambut terlalu kencang. (Hellosehat)

Mengikat rambut jadi salah satu solusi yang sering dilakukan supaya rambut terlihat rapi. Namun, terlalu kencang mengikat rambut juga dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Inibaru.id – Memiliki rambut yang panjang dan tebal adalah dambaan sebagian perempuan. Namun, rambut yang panjang dan tebal juga mesti dirawat dengan baik agar sehat dan rapi. Salah satu cara merapikan rambut yakni dengan mengikatnya.

Agar rambut tetap terlihat rapi dan nggak berantakan, biasanya ikatan dibuat kencang. Padahal, mengikat rambut terlalu kencang nggak baik karena dapat menimbulkan banyak efek buruk pada rambut dan kulit kepala.

Rambut Mudah Patah dan Rontok

Hasil gambar untuk rambut patah

Rambut patah dan rontok. (Doctorforme)

Salah satu dampak buruk dari mengikat rambut terlalu kencang adalah rambut menjadi mudah patah. Rambut yang diikat terlalu kencang dapat menghambat peredaran darah dan oksigen sehingga rambut menjadi rapuh dan mudah patah.

Selain mudah patah, rambut yang terus-menerus diikat terlalu kencang dapat rontok. Ikatan yang kencang mengakibatkan akar rambut melemah.

Menghambat Pertumbuhan Rambut

Hasil gambar untuk rambut botak

Rambut botak karena pertumbuhannya terganggu. (Hairmedical)

Dampak mengikat rambut terlalu kencang berikutnya adalah dapat menghambat pertumbuhan rambut. Rambut yang diikat secara kencang terus menerus dapat berakibat terjadinya peradangan di sekitar folikel rambut. Peradangan folikel rambut dapat mengganggu pertumbuhan rambutmu.

Kepala Pusing

Hasil gambar untuk kepala pusing

Mengikat rambut terlalu kencang bisa membuat kepala pusing. (Wetsuit)

Kepalamu akan pusing jika terlalu kencang mengikat rambut. Sirkulasi di kulit kepalamu terhambat dan peredaran darah menjadi kurang lancar saat rambutmu diikat secara kencang. Alhasil, saraf di sekitar kepala terganggu dan membuatmu pusing.

Menimbulkan Lekukan pada Rambut

Hasil gambar untuk lekukan rambut

Lekukan rambut bisa terjadi bila rambut terus menerus diikat secara kencang. (Man Repeller)

Mengikat rambut terlalu kencang dapat memunculkan lekukan atau gelombang pada rambut. Lekukan itu merupakan bekas dari ikatan rambut. Efek ini paling sering terjadi, Millens.

Kulit Kepala Gatal dan Berminyak

Hasil gambar untuk girl

Rambut gatal dan lepek. (123rf)

Sirkulasi udara pada rambut juga dapat terhambat saat kamu mengikat rambutmu terlalu kencang, lo. Hal ini nggak hanya menyebabkan rambutmu menjadi sulit bernafas, kulit kepala pun akan menjadi gatal dan bisa muncul ketombe.

Selain sirkulasi udara terhambat, mengikat rambut terlalu kencang juga dapat menghasilkan minyak dalam jumlah yang nggak wajar. Itu sebabnya rambutmu jadi lepek.

Nggak mau hal buruk di atas terjadi pada kamu, kan? Nah, berhentilah mengikat rambut terlalu kencang ya, Millens. (IB24/E04)