Jangan Main Layang-layang di Kota Ini, Bisa Kena Pasal!

Tak ingin bahayakan keselamatan warganya, Walikota Pontianak, Kalimantan Barat berlakukan larangan berupa sanksi tindak pidana bagi yang bermain layang-layang sembarangan.

Jangan Main Layang-layang di Kota Ini, Bisa Kena Pasal!
Anak bermain layang-layang. (Foto: bandungnewsphoto.com)

Inibaru.id - Layang-layang yang terbang meliuk-liuk di langit akan tampak indah dipandang mata, serupa dengan ikan yang berenang-renang di lautan. Bermain layang-layang bisa menjadi hobi yang amat mengasyikkan. Selain melatih keuletan, bermain layang-layang juga bisa menghilangkan stres.

Mainan satu ini memang telah digandrungi masyarakat sejak lama. Tak mengherankan jika banyak daerah kemudian melombakan mainan yang dimainkan melalui bantuan tenaga angin tersebut dalam bentuk festival rutin.

Kendati demikian, bermain layang-layang juga harus memperhatikan lokasi. Sebab, tak semua daerah memperbolehkan warganya memainkan mainan yang umumnya berbahan dasar kertas dan bilah bambu ini.

Ya, beberapa daerah memang menerapkan larangan bermain layang-layang. Alih-alih menyalurkan hobi, bisa-bisa malah dikenakan pidana.

Baca juga:
Nggak Nyangka, di Indonesia Ternyata Ada Kampung Siluman!
Bukan Jawa lo Pulau Terpadat Dunia, tapi Pulau Ini!

Satu kota yang menerapkan larangan tegas bermain layangan adalah Pontianak, Kalimantan Barat. Aturan ini dikeluarkan lantaran layang-layang dinilai membahayakan keselamatan orang lain.

Walikota Pontianak Sutarmidji mengatakan, selain benang gelasan dan tali kawat yang membahayakan masyarakat, alat penggulung benang otomatis yang digerakkan mesin juga disinyalir dapat menyebabkan kematian.

"Mesin alat penggulung benang itu menyebabkan nyawa seseorang melayang akibat gesekan benang yang terkena leher. Itu yang membahayakan pengguna jalan yang terkena benang layangan tersebut," tegasnya, dikutip dari Liputan6.com.

Dia sendiri berharap, larangan semacam ini tidak menjadi polemik, karena demi keselamatan orang banyak.

Ia berharap, penggemar layangan diminta tidak hanya memikirkan hobinya saja tanpa memikirkan nyawa orang lain. Baginya, bahaya yang ditimbulkan dari bermain layang-layang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan kesenangan yang diperoleh para pencinta layangan itu.

Baca juga:
Niat Baik Berujung Maut, Bocah 8 Tahun Tewas Diterkam Anjing Peliharaan
Bahasa Jawa Juga Dipakai di Bandara Dubai Lho!

"Siapa saja yang masih bermain layangan akan kami tindak tegas berupa sanksi tindak pidana ringan dengan mengajukannya ke pengadilan," jelas Sutarmidji di Pontianak sebagaimana dilansir dari Antara, Kamis (3/8).

Kendati demikian, kebijakan itu tidak lantas dikeluarkan tanpa memberikan solusi. Sutarmidji mengatakan, pemkot akan tetap memberi kelonggaran bagi para penghobi layang-layang untuk bermain layang-layang, yakni pada saat ada festival layangan hias. Kota Pontianak memang rutin menggelar festival layang-layang hias, dua kali dalam setahun.

"Silakan menyalurkan hobi bermain layangan, tapi ikuti aturan. Ini demi menjaga keselamatan orang lain. Silakan salurkan hobi dengan mengikuti festival itu, sepuas-puasnya main layangan di situ. Mau dari pagi sampai malam pun tak masalah," pungkasnya. (OS/IB)