Jangan Mager, 6 Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Puasa

Jangan Mager, 6 Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Puasa
Jangan mau jadi budak kemalasan! Yuk olahraga! (Pixabay/ happyveganfit) 

Saat puasa, tubuh memang akan terasa lemas karena nggak mendapat asupan makanan dan minuman. Tapi jangan jadikan ini sebagai alasan untuk kamu malas berolahraga ya! Simak yuk olahraga apa saja yang cocok dilakukan di bulan puasa.

Inibaru.id – Bulan puasa adalah momen yang tepat untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Selain memerhatikan kebiasaan makan dan minum, kamu juga bisa mulai rajin berolahraga, lo.

Nggak salah nih, saat puasa kamu malah olahraga? Asalkan dilakukan dengan tepat, nggak masalah kok rajin melakukannya. Bahkan, pakar Pemrograman Kebugaran dan Nutrisi Chelsea Amengual menyebut olahraga saat puasa bisa membuat pembakaran lemak berlangsung lebih maksimal. Badan pun bisa jadi langsing, bukan?

Meski begitu, kamu harus menghindari jenis olahraga yang terlalu berat. Jika terlalu banyak mengeluarkan keringat, kamu bisa dehidrasi. Kamu juga perlu memerhatikan intensitas dan jenis olahraga yang kamu jalani.

Berikut adalah beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan di bulan puasa.

1. Jalan Santai

Bisa banget jalan santai bareng keluarga. (Pixabay/ Mabel Amber)
Bisa banget jalan santai bareng keluarga. (Pixabay/ Mabel Amber)

Jalan santai bisa menjadi alternatif olahraga saat puasa buat kamu. Dengan melakukannya, kamu bisa menjaga kesehatan jantung, otot, dan tulang tanpa harus berkeringat banyak. Kamu bisa melakukan olahraga ini saat ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa.

2.  Bersepeda Sore Hari

Bersepeda sekaligus refreshing nih. (Pixabay/ Free-Photos)
Bersepeda sekaligus refreshing nih. (Pixabay/ Free-Photos)

Bersepeda adalah olahraga yang menyenangkan dan mudah untuk dilakukan. Rutin melakukannya bisa membantu mengencangkan otot dan menyehatkan jantung. Bersepeda saat puasa juga bisa membuat tubuh tetap fit. Kamu pun nggak akan mudah lemas. Selain itu, bersepeda juga baik bagi pikiran karena bisa menghilangkan stres.

3. Boling

Asik juga nih main boling saat puasa. (Pixabay/ 272447)
Asik juga nih main boling saat puasa. (Pixabay/ 272447)

Kalau kamu ingin melatih otot tangan sekaligus keseimbangan tubuh, boling bisa dijadikan pilihan yang tepat. Saat puasa, olahraga ini juga sangat asyik untuk dilakukan. Olahraga ini juga nggak membutuhkan banyak energi. Lakukan saja sambil menunggu waktu berbuka puasa.

4. Latihan Beban

Nggak harus barbel, angkat beban hidupmu saja dulu. Eh! (Pixabay/ Omar Medina Films)
Nggak harus barbel, angkat beban hidupmu saja dulu. Eh! (Pixabay/ Omar Medina Films)

Latihan beban memang bisa menguras banyak energi. Tapi kamu bisa mensiasatinya dengan memilih beban yang nggak terlalu berat. Lakukan gerakan angkat beban yang halus secara perlahan-lahan agar otot tidak sampai kram.

5.  Jogging

Yuk Lari! tapi jangan lari dari kenyataan ya, <i>Millens</i>. He-he (Pixabay/ StockSnap)
Yuk Lari! tapi jangan lari dari kenyataan ya, Millens. He-he (Pixabay/ StockSnap)

Jogging sebenarnya mirip dengan berjalan santai. Hanya, ritme dan intensitasnya lebih cepat. Olahraga ini memang bisa bikin kamu cepat haus. Namun, jika dilakukan di dekat waktu berbuka, kamu tentu bisa segera minum setelah melakukannya.

Rutin melakukan jogging bisa membuat badan kamu semakin segar dan bugar. Sistem imun juga akan meningkat sehingga kamu nggak akan mudah jatuh sakit.

6. Yoga

Yoga bisa kamu lakukan meski di rumah aja. (Pixabay/ Sofie Zbořilová)
Yoga bisa kamu lakukan meski di rumah aja. (Pixabay/ Sofie Zbořilová)

Yoga termasuk dalam olahraga yang cocok untuk dilakukan di bulan puasa. Olahraga yang berfokus pada teknik pernapasan ini bisa membuat badan semakin bugar, rileks, sekaligus mengatasi stres. Rutin melakukannya juga akan mengembalikan keseimbangan hormon tubuh.

Daripada cuma rebahan hingga waktu berbuka tiba, sebaiknya kamu coba deh olahraga-olahraga ini. Toh, rutin melakukannya bisa membuat badan kamu lebih sehat. Yuk olahraga, Millens! (Hal/MG27/E07)