Jangan Lakukan Ini, Supaya Pemakaian Maskermu Nggak Sia-sia!

Jangan Lakukan Ini, Supaya Pemakaian Maskermu Nggak Sia-sia!
Pemakaian masker yang keliru (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Penggunaan masker bisa menurunkan risiko terpapar virus corona. Hanya, jika kamu masih melakukan hal ini, penggunaan masker akan percuma. Yuk, hindari kebiasaan-kebiasaan berikut.

Inibaru.id – Pandemi virus corona masih belum bisa dikendalikan di Indonesia. Masyarakat pun berusaha sebisa mungkin menghindarinya. Nggak hanya memilih di rumah aja, kebanyakan orang kini memakai masker jika terpaksa harus keluar. Memakainya dianggap sebagai cara ampuh mencegah Covid-19 selain rajin mencuci tangan dengan sabun.

Sayangnya, masih banyak orang yang memakai masker dengan sembarangan. Padahal, hal ini akan membuat fungsinya nggak maksimal. Kamu pun akan tetap berisiko tertular virus.

Berikut adalah beberapa kesalahan menggunakan masker yang sebaiknya kamu perhatikan.

1.       Tidak Tahu Mana Bagian Luar atau Bagian Dalam

Jangan dibolak-balik, ya (farmaku.com)
Jangan dibolak-balik, ya (farmaku.com)

Pemakaian masker sekali pakai sempat membuat banyak orang kebingungan. Kebingungan ini tentang memilih mana bagian luar dan mana bagian dalam. Ada yang menyebut sisi putih harus dipakai sebagai bagian luar. Padahal, yang benar adalah sisi putih justru di bagian dalam.

Jika pemakaiannya nggak benar, masker nggak bisa menyaring bibit penyakit. Selain itu, kamu juga nggak boleh lupa menekan kawat di bagian hidung agar masker tertutup dengan sempurna.

2.       Masih Jarang Cuci Tangan

Harus rajin cuci tangan dengan sabun (CBC News)
Harus rajin cuci tangan dengan sabun (CBC News)

Menggunakan masker memang sudah sesuai dengan anjuran yang ditetapkan WHO. Tapi, tindakan ini akan sia-sia bila kamu nggak rajin mencuci tangan, lo.

Tangan yang menyentuh banyak benda bisa menjadi sarang berkumpulnya virus. Kalau kamu masih malas mencucinya dengan sabun, maka virus bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Apalagi jika kamu sering menyentuh muka atau mengambil makanan langsung dengan tangan.

3.       Masih Sering Menyentuh Bagian Luar Masker

Tangan yang nggak bisa diam pegang masker (mainmain.id)
Tangan yang nggak bisa diam pegang masker (mainmain.id)

Memegang permukaan masker dengan tanganmu menjadi ternyata bisa bedampak fatal, lo. Hal ini membuat telapak tangan justru langsung terpapar virus yang sebelumnya menempel di bagian luar masker. Jika setelahnya kamu memegang muka dengan tangan tersebut, sama saja membuat virus masuk ke dalam tubuh.

4.       Masker Digunakan Berkali-kali

Menggunakan masker yang sama lebih dari tiga kali (Freepik)
Menggunakan masker yang sama lebih dari tiga kali (Freepik)

Masker sekali pakai harus segera kamu buang usai dipakai. Meski kamu sudah mencuci atau menyetrikanya, bisa jadi masih ada virus dan bakteri yang menempel.

Jika kamu mau memakai masker yang bisa dipakai berulang kali, pilihlah masker yang dibuat dari tiga lapis kain. Masker ini bisa dicuci dan kemudian digunakan kembali. Hanya, masker ini hanya bisa dipakai maksimal 4 jam, ya.

5. Masih Sering Kumpul Bareng

Masih jalan-jalan tanpa psyical distancing (Tirto)
Masih jalan-jalan tanpa psyical distancing (Tirto)

Meski sudah memakai masker, kalau kamu masih sering kumpul atau nongkrong bareng, tetap saja berisiko terpapar virus. Ada baiknya kamu tetap di rumah aja. Kalau memang terpaksa keluar rumah, terapkan physical distancing atau jaga jarak dari orang lain. Hal ini bisa membantu mencegah terkena percikan droplet orang lain.

Nah, jangan sampai keliru lagi ya. Gunakan masker dengan baik dan jaga jarak saat di luar rumah ya, Millens! (Hip/MG31/E07)