Bahaya! Jangan Lakukan 5 Jenis Perawatan Muka Ini Terlalu Sering

Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan nggak baik termasuk terlalu sering merawat muka. Nggak percaya?

Bahaya! Jangan Lakukan 5 Jenis Perawatan Muka Ini Terlalu Sering
Perawatan muka yang berlebihan justru berbahaya, lo! (Pixabay)

Inibaru.id – Mungkin, 5 jenis perawatan sederhana ini sering kamu lakukan sehari-hari. Memang terlihat sepele, tapi kalau keseringan malah bahaya lo, Millens! Nah, sebelum terlambat, langsung aja yuk simak infonya!

1. Pakai masker

Mungkin kebanyakan dari kamu berpikir bahwa maskeran tiap hari bisa membuat wajah semakin glowing dan bersih. Namun ternyata, keseringan pakai masker malah nggak baik lo, Millens! Masker yang kamu pakai akan mengurangi minyak alami wajah. Jadi kalau kamu terlalu sering maskeran, kulit wajah bakal kekurangan minyak dan kering.

2. Keseringan cuci muka

Idealnya cuci muka itu dua kali sehari, yakni di waktu pagi dan sore atau malam sebelum tidur. Nah, hampir mirip dengan maskeran, terlalu sering cuci muka juga bisa buat mukamu kering, lo! Jadi, jangan berlebihan ya, Millens! Cukup cuci muka jika memang diperlukan, jangan keseringan!

3. Exfoliate yang berlebihan

FYI nih, exofoliate merupakan proses pembersihan muka menggunakan scrub. Memang sih bisa mengangkat kotoran dengan baik, tapi jangan keseringan juga! Idealnya perawatan jenis ini dilakukan dua minggu sekali, soalnya kalau terlalu sering bisa menimbulkan berbagai masalah kulit seperti wajah kering dan membuat kulit wajah terlalu mengilap. Nggak banget kan?

4. Memakai toner beralkohol

Fungsi toner sebenarnya menyeimbangkan kadar Ph kulit di wajahmu. Selain itu, toner juga dapat menyegarkan kulitmu yang kering. Eits, tapi tunggu dulu! Jangan coba-coba menggunakan toner beralkohol dengan berlebihan ya, Millens! Kulit wajah bisa rentan iritasi dan infeksi. Jadi, jika nggak terlalu diperlukan, upayakan untuk menghindarinya ya!

5. Mengombinasikan obat jerawat

Kamu risih dengan jerawat yang menghiasi wajah? Wajar! Tapi, itu bukan alasan untuk bereksperimen secara ngawur ya! Jangan coba-coba mencampur obat jerawat dengan harapan agar jerawatmu teratasi! Soalnya, salah takaran atau komposisi obat justru bisa memperparah keadaan.

So, sudah tahu kan sekarang? Apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari? He-he. Selamat merawat diri ya, Millens! (IB23/E05)