Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Memaafkan Kesalahan Pasanganmu

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Memaafkan Kesalahan Pasanganmu
Hubungan nggak selalu indah. (pixabay.com)

Jangan sampai keputusan memaafkan pasangan yang telah kamu ambil berakhir sia-sia. Apa saja sih kesalahan yang dibuat saat memaafkan kekasih hati?

Inibaru.id – Pada dasarnya nggak ada manusia yang sempurna, pun dengan hubungan yang dijalaninya. Oleh sebab itu setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dalam hubungan, mulai dari kesalahan yang sepele hingga masalah berat.

Mungkin memaafkan kesalahan pasangan adalah jalan keluarnya. Namun, memaafkan kesalahan pasangan harus dilakukan dengan saling introspeksi agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Nah, memaafkan pasangan ini ada aturannya ya Millens. Karena banyak dari individu melakukan kesalahan dalam memaafkan kesalahan pasangannya, berikut adalah kesalahan yang nggak boleh kamu lakukan.

1. Memaafkan Semua Kesalahan Pasangan

Mudah memaafkan pasangan. (instagram.com/isyahmaharas)
Mudah memaafkan pasangan. (instagram.com/isyahmaharas)

Jika kamu akan memaafkan kesalahan pasanganmu seharusnya kamu perhatikan dulu tingkat kesalahannya. Jangan asal memaafkan. Apalagi jika kesalahan yang dilakukan fatal.

Memaafkan kesalahan pasangan tanpa pertimbangan hanya akan membuat boomerang bagi diri kamu sendiri. Jika kamu dengan gampangnya memaafkan setiap membuat kesalahan, bisa jadi dia akan melakukannya lagi. Dia nggak akan merasa kalau hatimu sakit.

2. Memaafkan Pasangan Tanpa Syarat

Kesalahan yang sering dilakukan saat jatuh cinta adalah selalu memaafkan kesalahan pasangan tanpa jaminan. Nah, ini bakal bikin kamu sakit hati karena dia merasa sangat mudah mendapatkan maaf dari kamu.

Untuk itu kamu perlu memberikan jaminan atas permohonan maaf dari kesalahan dia yang sidah dilakukan kepadamu. Jangan sampai kamu diperlakukan semena-mena.

3. Asal Memaafkan Tanpa Penjelasan

Dalam hubungan pun perlu diskusi. (instagram.com/isyahmaharas)
Dalam hubungan pun perlu diskusi. (instagram.com/isyahmaharas)

Nggak ada yang melarang kamu buat memaafkan kesalahan pasanganmu kok. Tapi alangkah baiknya jika kamu mendengarkan penjelasannya terlebih dahulu sebelum memaafkan.

Jadi, kamu bisa mempertimbangkan apakah kesalahannya layak dimaafkan atau nggak. Jika kesalahannya adalah hal yang sepele, kamu bisa langsung memaafkannya. Tapi kalau sebaliknya mending kamu pikir ulang deh dari pada menyesal di belakang.

4. Terlalu Menyalahkan Diri Sendiri Atas Kesalahan Pasangan

Menyalahkan diri sendiri. (sehatq.com)
Menyalahkan diri sendiri. (sehatq.com)

Mungkin kamu berpikir jika kesalahan pasanganmu bermula dari kamu, sehingga kamu terlalu menyalahkan dirimu. Kamu harus ingat bahwa yang bersalah adalah dia dan nggak ada sangkut pautnya dengan dirimu.

Jika kamu selalu berpikir demikian, kamu akan selalu dimanfaatkan oleh pasanganmu. Jangan memaafkan hanya karena kamu menyalahkan dirimu sendiri atas kesalahan yang  telah dia lakukan.

5. Mengungkit Kesalahan Pasangan

Suka mengungkit kesalahan pasangan. (Boldsky)
Suka mengungkit kesalahan pasangan. (Boldsky)

Jika kamu sudah berniat memaafkan pasanganmu, maafkan dia sepenuh hati. Meski sebenarnya kesalahan tersebut membuatmu kecewa. Yang nggak boleh kamu lakukan adalah terus-menerus mengungkit kesalahannya. Hal ini akan membuat hubunganmu kurang baik ke depannya.

Nah, itu adalah kesalahan-kesalahan yang sering pasangan lakukan saat memaafkan pasangannya. Jangan lakukan ini lagi jika ingin hubunganmu baik-baik saja untuk seterusnya. (IB30/E05)