Jangan Lagi deh Menaruh Ponsel di Kasur Saat Tidur

Jangan Lagi deh Menaruh Ponsel di Kasur Saat Tidur
Menaruh ponsel di kasur saat tidur berbahaya. (Flickr/ ryan gulpen)

Meski wajar untuk dilakukan, kebiasaan menaruh ponsel di atas kasur saat tidur ternyata nggak baik buat kamu, lo. Risikonya juga lumayan nggak bisa disepelekan, lo. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Ponsel kini jadi benda yang sulit dilepaskan oleh siapapun. Sejak bangun tidur hingga kembali merebahkan badan di kasur sebelum tidur malam, ponsel seperti harus dicek terlebih dahulu.

Gara-gara hal ini, banyak orang yang menaruh ponselnya di kasur saat tidur. Meski wajar, sebenarnya hal ini bisa berbahaya, lo.

Kamu tahu nggak pakar kesehatan menyarankan kita untuk setidaknya menempatkan ponsel beberapa meter dari tubuh saat tidur malam.

Meski bikin kamu serasa jauh dari teknologi sebelum atau usai bangun tidur, ada alasannya kok. Yuk simak!

1.       Ada Risiko Kebakaran

Eh, ini beneran, lo. Ada risiko kebakaran kalau kamu sering menyimpan ponsel di kasur, apalagi di bawah bantal seperti yang banyak orang lakukan. Contohnya, remaja Ariel Tolfree dari Texas, AS menemukan ponselnya terbakar di bawah bantal pada 2014 lalu.

Saat tidur, dia mencium aroma kebakaran. Nah, begitu sadar, dia langsung mengecek ponselnya di bawah bantal. Ternyata, sebagian bantal dan kasurnya sudah terbakar dan ponselnya masih terlihat mengeluarkan percikan api dari baterai. Meski kecil, api ini sudah cukup memicu kebakaran. Duh, ngeri, ya?

Risiko kebakaran ini bakal lebih besar kalau kamu menyimpan ponsel di kasur atau di bawah bantal sembari mengisi daya. Panas ponsel yang nggak bisa keluar akibat tertutup bantal bisa memicu hal ini.

2.       Gangguan Tidur

Dampak dan risiko kebiasaan menaruh ponsel di atas kasur nggak main-main. (Flickr/

Eden, Janine and Jim)
Dampak dan risiko kebiasaan menaruh ponsel di atas kasur nggak main-main. (Flickr/ Eden, Janine and Jim)

Sebenarnya sih ya, ini bukan soal menaruh ponsel di kasur, namun kebiasaan melihat ponsel sebelum tidur malam. Tanpa kamu sadari, paparan cahaya biru dari layar ponsel bisa membuat hormon tidur yang sebelumnya terbentuk dan bikin kamu ngantuk jadi hilang deh. Jadinya, kamu susah tidur.

Nggak percaya? Banyak orang yang bisa bertahan sampai berjam-jam lamanya hanya untuk mengecek media sosial, menonton film atau drama, hingga hanya berkirim pesan meski sudah di atas kasur dan lampu kamar telah dimatikan.

Kurang tidur dampaknya kurang baik bagi kesehatan, lo, Millens. Sistem imun tubuh juga bakal jadi lebih mudah turun. Kamu pun rentan sakit, deh.

3.       Risiko Kemandulan

Penelitian berjudul The Influence of Direct Mobile Phone Radiation on Sperm Quality yang terbit pada 2014 lalu menghasilkan fakta kalau kebiasaan menyimpan ponsel di atas kasur bisa lo membuat kaum pria mandul.

Para peneliti, Igor Gorpinchenko dan rekan-rekannya menemukan fakta bahwa dari 32 laki-laki sehat yang dilibatkan, ditemukan fakta bahwa mereka yang sering tidur dekat dengan ponselnya karena diletakkan di atas kasur atau hal lain akan lebih rentan mengalami kemandulan karena kualitas dan kuantitas sperma yang menurun. Duh!

Melihat fakta ini, jangan lagi deh menempatkan ponsel di atas kasur saat tidur. Nggak baik buat kesehatan, Millens. (Kom/IB09/E05)