Jangan Lagi deh Membuang Benda-Benda Ini di WC

Jangan Lagi deh Membuang Benda-Benda Ini di WC
Ada sejumlah benda yang sebaiknya nggak kamu buang di WC. (Flickr/Ron Reiring)

Meski praktis, jangan sembarangan membuang benda-benda ini di WC. Salah-salah, WC jadi mampet dan kamu bakal kerepotan deh. Benda-benda apa saja yang sebaiknya nggak dibuang di sana?

Inibaru.id – WC atau toilet adalah salah satu tempat paling privasi bagi manusia. Bagaimana nggak, hampir setiap hari kita buang air besar di sini. Meskipun WC adalah tempat pembuangan, bukan berarti kamu bisa sembarangan membuang benda-benda ini di WC.

Pembalut

Banyak perempuan yang menjadikan lubang WC sebagai tempat membuang pembalut. Memang, pembalut bekas, apalagi yang sudah dipenuhi dengan darah kotor terlihat cukup menjijikkan sehingga harus segera dibuang. Tapi, sebaiknya kamu nggak sembarangan membuangnya ke lubang WC.

Pembalut jangan dibuang di lubang WC. (Flickr/Marco Verch)
Pembalut jangan dibuang di lubang WC. (Flickr/Marco Verch)

Memang, dengan melakukannya, pembalut akan bisa segera hilang dari pandangan hanya sekali atau dua kali siram. Namun, dampaknya bisa saja membuat pipa pembuangan ke septic tank macet. Pembalut bisa saja nyangkut di tengah-tengah pembuangan.

Hal ini tentu bisa bikin kamu repot. Selain itu, hal ini sebenarnya akan mengotori septic tank mengingat benda ini nggak bisa diurai. Kamu justru ikut ambil bagian dalam pencemaran lingkungan, Millens.

Puntung Rokok

Kamu termasuk orang yang hobi merokok sambil buang air besar nggak nih, Millens? Meski menyenangkan untuk dilakukan, sebaiknya kamu nggak asal membuang puntung rokok di lubang WC ya?

Puntung rokok jangan dibuang di lubang WC. (Flickr/Bachmont)
Puntung rokok jangan dibuang di lubang WC. (Flickr/Bachmont)

Meski terkesan remeh dan mudah disiram, puntung rokok juga nggak bisa diurai di dalam septic tank. Hal ini tentu bisa mencemari lingkungan, khususnya air resapan.

Kapas

Banyak orang yang memakai kapas di kamar mandi untuk membersihkan make-up atau bekas luka. Nah, biar praktis, kapas-kapas ini dibuang di lubang WC. Masalahnya, hal ini juga bisa membuat pipa pembuangan WC mampet. Apalagi jika kapas yang kamu buang sudah sangat banyak dan terus menumpuk.

Kapas jangan dibuang di lubang WC. (Flickr/Marco Verch)
Kapas jangan dibuang di lubang WC. (Flickr/Marco Verch)

Kalau mau membersihkannya, tentu cukup repot dan menjijikkan. Bisa jadi kamu malah harus keluar banyak uang demi membayar orang untuk melakukannya.

Obat-obatan

Obat-obatan, apalagi yang kadaluarsa, mengandung bahan kimia yang bisa jadi berbahaya bagi alam. Kalau kamu membuangnya di lubang WC, tentu akan mencemari septic tank dan lingkungan sekitarnya, bukan?

Obat-obatan kadaluarsa jangan dibuang ke WC. (Flickr/

e-Magine Art)
Obat-obatan kadaluarsa jangan dibuang ke WC. (Flickr/ e-Magine Art)

Daripada membuang berbagai benda-benda tersebut di lubang WC, sebaiknya kamu membuangnya di tempat sampah deh agar nggak mencemari lingkungan. Setuju kan, Millens? (Boo/IB09/E05)