Jangan Khawatir, Begini Cara Mencegah Kertas Buku Agar Nggak Menguning

Jangan Khawatir, Begini Cara Mencegah Kertas Buku Agar Nggak Menguning
Cegah buku agar tak menguning. (Hai-online)

Kertas buku yang menguning adalah salah satu musuh besar bagi kolektor buku. Eits, nggak perlu risau, kamu bisa mencegah kertas buku menguning dengan cara ini.

Inibaru.id – Buku merupakan benda yang cukup rapuh. Salah satu tantangan dalam merawat buku adalah kertas buku yang menguning seiring makin lamanya umur buku. Tips berikut bisa kamu terapkan untuk mencegah buku koleksimu agar nggak menuning.

Jauhkan Buku dari Sinar Matahari

Simpanlah buku jauh dari paparan sinar matahari langsung. Ultraviolet dalam sinar matahari dapat memudarkan warna sampul buku dan dapat merusak kertas. Hal ini bikin kertas cepat kering sehingga menjadi kuning dan mudah sobek.

Jangan Taruh di Tempat Lembab

Jangan taruh buku di lokasi yang tingkat kelembabannya tinggi, seperti ruang bawah tanah atau loteng. Kelembaban udara yang tinggi dengan peningkatan kadar air dalam udara dapat merusak kertas.

Simpan di Ruangan dengan Sirkulasi Baik

Pastikan bukumu disimpan di tempat dengan sirkulasi udara yang baik seperti di ruang keluarga atau perpustakaan di rumah. Jika disimpan di dekat dinding atau almari, berikan jarak setidaknya 7 cm. Sisakan ruang sekitar 3,5 cm antara buku dengan dinding di belakang lemari untuk menciptakan sirkulasi udara yang lancar.

Mudah banget kan merawat buku agar nggak menguning? Dijamin deh kemungkinan buku menguning atau sobek bisa diminimalisasi. Selamat mencoba, Millens! (IB24/E06)