Belajar dari Pengalaman Tasya Kamila, Begini Cara Melepas Cincin yang Nyangkut di Jari

Belajar dari Pengalaman Tasya Kamila, Begini Cara Melepas Cincin yang Nyangkut di Jari
Cara melepas cincin yang nyangkut di jari. (Hellosehat)

Saat ukuran jari membesar sedangkan ukuran cincin tetap, kamu pasti akan kesulitan untuk melepas cincin itu. Hal ini seperti yang dialami Tasya Kamila beberapa waktu lalu. Lantas bagaimana caranya supaya cincin itu bisa terlepas?

Inibaru.id – Beberapa waktu lalu Tasya Kamila sempat membagikan cerita mengenai perjuangannya mengeluarkan cincinnya yang nyangkut di jarinya yang membesar. Yap, waktu itu Tasya sedang hamil sehingga jarinya membesar seiring bertambahnya berat badan.

Cerita itu pun sempat viral dan menyita perhatian warganet. Hal ini sebenarnya bisa disiasati dengan beberapa cara seperti mengoleskan minyak dan sabun. Berikut lima cara yang bisa kamu lakukan agar cincinmu bisa terlepas dari jari yang kian membesar.

Oleskan Minyak

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk melepas cincin dari jarimu adalah dengan mengoleskan bahan-bahan yang bisa melicinkan jari. Bahan-bahan itu seperti minyak, calir (lotion), mentega/margarin, petroleum jelly, atau sabun.

Bahan-bahan tersebut dapat membuat permukaan kulit jari lebih licin sehingga cincin lebih mudah untuk dilepaskan. Setelah mengoleskan salah satu dari bahan tersebut pada jari, lepaskan cincin dari jari dengan memutarnya dan menariknya secara perlahan sampai cincin berhasil dilepas.

Rendam Jari di Air Dingin

Kalau cara tersebut belum berhasil, cobalah cara kedua yakni dengan merendam jarimu di air dingin. Eits, bukan air yang diberi es batu ya melainkan di air yang memang dingin. Rendam jarimu beberapa menit sampai kamu merasa cincin di jarimu sedikit melonggar.

Menggunakan Benang

Cara ketiga melepas cincin di jari yaitu dengan media berupa benang. Cara penggunaannya cukup mudah, selipkan benang dari bawah cincinmu yang nyangkut di jari. Jika masih belum berhasil, ambil jarum kecil untuk menyelipkan benang di bawah cincin.

Langkah selanjutnya, lilitkan ujung benang pada jari sampai keluar. Kemudian, tarik benang di sisi lainnya memutari jarimu menuju luar. Tarik perlahan dengan gerakan seolah lilitan benang dilepaskan. Gerakan benang ini bisa membantumu untuk mendorong cincin keluar dari jari.

Mengangkat Tangan ke Atas

Kamu cukup mengangkat tangan setinggi mungkin selama 5-10 menit. Hal ini dilakukan supaya pembengkakan di jarimu sedikit mengempis karena aliran darah cepat kembali ke jantung dan kemudian cincin mudah dilepaskan.

Pergi ke Rumah Sakit

Jika empat cara tadi sudah dilakukan tapi cincin di jarimu masih sulit dilepas, saran terakhir adalah dengan meminta bantuan dokter. Kamu perlu segera ke dokter terlebih jika jarimu sudah bengkak, membiru, atau mungkin berdarah.

Cobalah cara-cara tersebut sebelum terakhir ke dokter, ya. Semoga cincinmu segera bisa dilepas, Millens. (IB24/E04)