Jangan Kelamaan, Segini Batas Waktu Maksimal Penggunaan Ponsel

Terlalu lama memainkan ponsel bisa memicu datangnya masalah kesehatan. Lantas, seberapa lama maksimal seseorang boleh mengoperasikan ponsel?

Jangan Kelamaan, Segini Batas Waktu Maksimal Penggunaan Ponsel
Batas waktu maksimal penggunaan ponsel. (Doktersehat)

Inibaru.id – Kini, ponsel merupakan benda yang sangat sulit untuk dilepaskan dalam aktivitas sehari-hari. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan International Data Corporation pada 2018 lalu menunjukkan 80 persen pemilik ponsel pintar akan langsung mengecek ponselnya dalam waktu hanya lima menit setelah bangun tidur.

Kompas.com, Kamis (28/3/2019) menulis, Asosiasi Pengguna Jasa dan Internet Indonesia (APJII) juga menyebut pengguna internet Indonesia cenderung semakin meningkat dalam kurun waktu 2012 hingga 2018. Peningkatan terbesar, yakni 50,6 persen terjadi saat layanan 4G mulai bisa dinikmati masyarakat Tanah Air. Sebagian besar penggunaan internet ini berasal dari ponsel pintar dan tablet.

“Perkembangan teknologi memang memudahkan kita, namun penggunaan ponsel yang berlebihan bisa membuat risiko masalah kesehatan meningkat,” ungkap Fita Maulani, Sekretaris Jenderal Asosiasi Internet of Things Indonesia Digital Society.

Namun, terlalu lama mengoperaiskans ponsel juga bisa memicu masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang bisa muncul dari penggunaan ponsel berlebihan adalah neuropati atau kerusakan pada saraf tepi, kerusakan pada mata, gangguan psikologis, dan masalah kesehatan lainnya.

Lantas, seberapa lama sebaiknya seseorang membatasi penggunaan ponsel agar nggak mudah terkena masalah kesehatan tersebut? Fita menyebut anak-anak dan remaja dengan usia kurang dari 14 tahun sebaiknya membatasi penggunaan ponsel sekitar dua jam per hari.

“Jika lebih dari dua jam, dikhawatirkan akan mengganggu kemampuan interaksi dan motorik anak-anak,” ungkap Fita.

Sementara itu, batasan penggunaan ponsel bagi orang dewasa bisa bervariasi sesuai dengan intensitas penggunaannya. Sebagai contoh, jika penggunaannya dilakukan dalam enam jam berturut-turut, dampaknya tentu akan jauh lebih buruk dibandingkan dengan penggunaan ponsel selama delapan jam tapi tidak terlalu intens.

Hal ini berarti, seseorang memang sebaiknya nggak terlalu sering memainkan ponsel. Jika memang ada kesempatan untuk melakukan hal lain seperti mengobrol dengan keluarga dan teman-teman, lebih baik pilih aktivitas itu saja. Kamu juga sebaiknya nggak terlalu sering menatap layar ponsel di dalam ruangan yang gelap karena bisa mengganggu kesehatan mata dan meningkatkan risiko terkena insomnia.

Selain itu, Fita menyarankan untuk nggak memainkan ponsel saat berjalan kaki atau berkendara demi mencegah terjadinya kecelakaan.

Sobat Millens sudah bijak menggunakan ponsel atau belum nih? (IB09/E04)