Jangan Keburu Emosi, Hadapi Body Shaming dengan 5 Cara Ini

Jangan Keburu Emosi, Hadapi Body Shaming dengan 5 Cara Ini
Ilustrasi body shaming. (Istockphoto/SIphotography)

Body shaming memang bikin nggak nyaman dan menimbulkan emosi penerimanya. Nah daripada emosi, beberapa cara ini akan membantumu menanggapi body shaming.

Inibaru.id – “Hai, lama nggak ketemu ya. Kamu kok gendutan sih,”

“Kamu kok tambah kurus aja sih,”

Saat berkumpul dengan teman atau kerabat, nggak jarang kita mendengar kalimat-kalimat tersebut. Kalimat dengan sisipan komentar mengenai tubuh atau body shaming menjadi hal yang dianggap wajar di masyarakat.

Tanpa disadari, body shaming berdampak buruk bagi psikologis penerimanya lo. Meski nggak nyaman, penerima body shaming enggan menyanggah komentar tersebut karena takut dianggap baper.

Nah, untuk menghadapi miring tentang tubuh, kamu bisa lakukan hal-hal di bawah ini.

Tenangkan Diri Terlebih Dahulu

Saat kamu menerima body shaming, buat lah dirimu setenang mungkin. Tarik nafas dalam-dalam dan embuskan secara perlahan. Dengan kondisi yang tenang, kamu nggak akan bertindak secara gegabah dalam menanggapi body shaming tersebut.

Balas dengan Ucapan Positif

Sebal sih jika terus terusan mendapat body shaming! Tapi daripada marah-marah dan mengucapkan hal negatif, lebih baik balas perkataan mereka dengan ucapan positif. Dengan jawaban yang positif, setidaknya mereka tahu bahwa kamu nggak merasa tertindas dengan perkataan mereka.

Ajak Mereka Bicara dari Hati ke Hati

Jika kamu nggak nyaman dengan komentar buruk orang tentang tuhuhmu, ajak lah mereka berbicara dari hati ke hati. Katakan secara baik-baik pada mereka bahwa apa yang mereka katakan membuatmu nggak nyaman dan sakit hati.

Tinggalkan Orang-Orang Seperti Itu

Kalau berbicara dari hati ke hati sudah nggak mempan, jangan biarkan mereka berlama – lama di kehidupanmu. Menjauh lah dan buat dirimu sibuk dengan kegiatan yang bermanfaat serta menghibur. Cari lah teman lain yang mampu menerimamu dengan baik dan apa adanya.

Tetap Cintai Dirimu Sendiri

Jangan biarkan body shaming membuatmu benci terhadap dirimu sendiri dan menghalangi kamu untuk bahagia. Oleh karena itu, acuhkan saja cibiran-cibiran yang datang kepadamu dan tetap cintai dirimu sendiri apa adanya.

So, jangan bersedih jika kamu mengalami body shaming! Semoga tips di atas bisa membantumu ya, Millens!  (IB18/ E06)