Jangan Kalap, Perhatikan Hal-hal Berikut Sebelum Belanja Online
Belanja online lebih hemat waktu dan mudah. (Sbs.co.kr)

Jangan Kalap, Perhatikan Hal-hal Berikut Sebelum Belanja Online

Setiap tanggal cantik, situs belanja online kerap mengggelar promo besar-besaran. MUlai dari potongan harga hingga gratis ongkos kirim. Eits, jangan langsung tergiur. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika berbelanja online. Apa saja?

Inibaru.id – Toko online memberi banyak kemudahan dan keuntungan. Dari barang yang lumayan lengkap, obral diskon, hemat waktu, hingga harga yang lebih murah. Meski begitu, nggak semua toko online aman sebagai pilihan tempat membeli.

Apa lagi setiap bulan di tanggal-tanggal cantik, penyedia layanan belanja online kerap menggelar penawaran gila-gilaan untuk pelanggannya. Eits, jangan buru-buru tergiur, berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan:

Periksa Kredibilitas Situs Online

https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 26 320 1982947 orang-ri-kini-lebih-senang-belanja-online-f6KJDn4JAL.jpg

Memeriksa kredibilias situs toko online. (Shutterstock)

Ini bisa kamu lakukan dengan membaca ulasan toko tersebut terlebih dahulu. Dari situs web, kamu bisa menentukan apakah toko itu kredibel atau nggak. Lihat pula sistem pembayaran yang ada lewat alamat dan nomor kontak yang disediakan. Ini akan menghindarkan kamu dari penipuan. Oh iya, testimoni konsumen juga bisa jadi pertimbangan lo.

Lindungi Password-mu dengan baik

FireVault

Lindungi password dengan membuat kombinasi karakter unik. (Telset.id)

Ketika kamu menggunakan jasa online, hampir semua penyedia produk akan mewajibkan kamu untuk mendaftar guna membuat username dan password untuk masuk ke sistem. Maka buatlah passsword yang menurut kamu sulit dan kamu saja yang mengetahuinya. Jangan pula menunjukkan password-mu ke orang lain ya.

Pilih Kartu Kredit Daripada Kartu Debit

Aman Belanja Online denga Kartu Kredit atau Debit

Gunakan kartu kredit. (Cermati)

Saat melakukan transaksi pembayaran, lebih baik gunakan kartu kredit supaya lebih aman, Millens. Sebab dengan kartu kredit kamu bisa membatalkan transaksi jika barang yang kamu beli nggak kunjung sampai atau nggak sesuai pesanan. Jika pakai kartu debit berarti akan mengambil uang langsung dari rekening kamu, ini lebih berisiko.

Jangan Terburu Tergoda Harga Murah

Hasil gambar untuk belanja online

Jangan tergoda dengan harga yang murahnya nggak masuk akal. (Shopback)

Toko online tertentu biasanya menyediakan barang-barang yang terlampau murah. Hatga ini  jauh dari harga pasaran dan bahkan ada yang nggak masuk akal. Namun, kamu jangan terburu-buru untuk membelinya ya. Harga murah ini bisa jadi jebakan buat memperdaya konsumen lo. Oleh karena itu, perhatikan ulang tingkat kewajaran harga saat membeli barang secara online.

Simpan Bukti Transaksi

Cetak bukti pembayaran

Bukti transaksi penting kamu simpan. (Shopback)

Usai melakukan belanja di toko online, jangan lupa menyimpan bukti-bukti transaksi. Dari kuitansi digital, harga barang, deskripsi produk, salinan email,  dan bukti lainnya. Menyimpan bukti transaksi ini untuk memastikan barang yang kamu pesan sesuai spesifikasi dan harga. Bukti transaksi juga bisa kamu gunakan sebagai bukti jika ingin komplain.

Nah jangan keburu tergiur dengan promo gila-gilaan ya. Dengan tips ini semoga kamu bisa berbelanja dengan lebih aman dan bijak, Millens! (MG26/E06)