Jangan Hanya Dipakai, Begini Cara Membersihkan Ponsel Agar Nggak Jadi Sarang Bakteri

Jangan Hanya Dipakai, Begini Cara Membersihkan Ponsel Agar Nggak Jadi Sarang Bakteri
Gimana cara membersihkan ponsel yang benar? (Shutterstock)

Ponsel yang kamu pegang tiap saat itu merupakan sarang bakteri dan virus. Agar nggak menimbulkan penyakit, perlu usaha ekstra untuk rutin membersihkannya. Gimana sih caranya?

Inibaru.id – Beraktivitas membuat tanganmu aktif bergerak dan memegang segala macam benda. Mencuci tangan adalah cara tepat untuk menghilangkan virus di tangan. Lalu gimana cara membersihkan ponsel yang tiap waktu kamu pegang?

Jurnal Germs pada 2017 menyebutkan bahwa ponsel menjadi sarang kuman dan virus. Dari 27 ponsel remaja yang diteliti, alat komunikasi tersebut jadi sarang virus dan bakteri seperti Ecoli, Staphylococcus aureus, dan Streptococcus. Duh ngeri!

Sementara itu, Charles Gerba, PhD, profesor epidemiologi dan biostatistik di Department of Environmental Science di University of Arizona mengungkapkan bahwa virus dapat bertahan di tiap permukaan keras selama beberapa jam hingga beberapa minggu. Menurutnya, virus dan bakteri pada ponsel dapat berpindah dari satu permukaan ke permukaan lain. Meterial plastik dan logam pada bagian casing ponsel bisa jadi tempat virus selama seminggu. Bahkan pada layar ponsel yang berbahan dasar kaca, virus Covid-19 dapat menempel hingga empat hari lo!

Eits jangan terburu-buru membersihkan ponselmu kalau kamu belum tahu tips di bawah ini ya!

1. Gunakan Kain Mikrofiber

Pakai kain mikrofiber. (Shutterstock)
Pakai kain mikrofiber. (Shutterstock)

Pertama lepaskan dulu casing tambahan pada ponsel dan matikan perangkatmu ya! Setelah itu usap lembut bagian luar ponsel dengan kain mikrofiber untuk mengangkat debu dan noda. Kain jenis ini punya kemampuan yang lebih baik dalam membersihkan kuman di permukaan ketimbang lap atau tisu.

2. Gunakan Tisu Disinfektan

pakai tisu disinfektan. (Bukalapak)
pakai tisu disinfektan. (Bukalapak)

Selanjutnya, gunakan tisu disinfektan yang kini banyak dijual di pasaran. Tisu jenis ini efektif menetralkan kuman yang tersisa di permukaan. Jika tisu terlalu basah, peras tisu terlebih dahulu baru deh usapkan pada permukaan ponsel dengan lembut.

3. Keringkan Ponsel

Biarkan ponsel kering. (Pricebook)
Biarkan ponsel kering. (Pricebook)

Biarkan disinfektan pada tisu bekerja maksimal pada area yang telah kamu bersihkan. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mengeringkan ponsel selama sepuluh menit tanpa disentuh agar disinfektan bekerja secara efektif.

4. Bersihkan Sisa Air

Keringkan sisa air yang tertinggal di ponsel. (iStockphoto)
Keringkan sisa air yang tertinggal di ponsel. (iStockphoto)

Meski telah dikeringkan, belum tentu ponselmu kering sempurna. Gunakan kain mikrofiber yang bersih dan kering untuk membersihkan kelembapan yang tersisa di ponselmu. Kain mikrofiber bisa kamu cuci berulang-ulang dengan pemutih atau dengan hanya merendamnya di air panas.

5. Jangan Lupakan Casing

<i>Casing</i>-nya jangan lupa dibersihkan ya! (Jakmall)
Casing-nya jangan lupa dibersihkan ya! (Jakmall)

Aksesori tambahan ponsel ini punya permukaan yang keras dan tahan air. Kamu bisa membersihkannya dengan pembersih yang berbahan keras sekalipun. Jangan lupa untuk mengeringkannya sebelum memasangkannya ke ponsel ya!

Pembersihan menyeluruh pada ponsel ini bisa dilakukan tiap hari meskipun nggak menyeluruh. Namun pembersihan yang disarankan adalah dua hari sekali atau setidaknya seminggu sekali. Meski ribet, ini kan demi kesehatanmu juga, Millens! (Det/IB27/E05)