Jangan Dibuang, Sisa Sayuran Ini Bisa Ditanam Kembali

Jangan Dibuang, Sisa Sayuran Ini Bisa Ditanam Kembali
Menamam ketumbar bisa dilakukan dalam media tanah lembap. (Shutterstock)

Sisa sayuran-sayuran tertentu terkadang terbuang percuma setelah selesai memasak. Padahal jenis sayuran tertentu bisa kamu tanam kembali, jadi nggak perlu susah-susah membelinya deh. Sayuran apa saja?

Inibaru.id – Ketika memasak, sisa sayuran tertentu kerap diabaikan dan langsung masuk ke tempat sampah. Hal tersebut bisa membuat sampah dapur menggunung dan sering kali menimbulkan bau tak sedap.

Tapi siapa sangka, sisa sayuran tertentu ternyata bisa ditanam kembali lo. Apa saja?

Daun Bawang

Daun bawang yang sudah berakar bisa kamu tanam dengan mudah. (Okezone)
Daun bawang yang sudah berakar bisa kamu tanam dengan mudah. (Okezone)

Jangan buru-buru membuang bangian pangkal daun bawang. Kamu bisa menanam bagian pangkal yang telah kering dan terdapat akar tersebut pada tanah atau media tanam. Siram dengan sprayer secara rutin hingga tumbuh.

Daun Kemangi

Kemangi yang berbau sedap. (Okezone)<br>
Kemangi yang berbau sedap. (Okezone)

Sayur yang kerap disantap bersama sambal ini memang menjadi lalapan andalan masyarakat Indonesia. Kemangi ini bisa kamu tanam sendiri lo. Caranya dengan memasukkan tangkai kemangi pada air tiga per empat wadah. Selama beberapa hari, akarnya akan tumbuh dan bisa kamu pindah media ke tanam.

Daun Ketumbar

Menanam ketumbar nggak sulit. (Net/Ist)<br>
Menanam ketumbar nggak sulit. (Net/Ist)

Jangan buru-buru buang ketumbar yang berceceran. Cukup taburkan biji ketumbar ke media tanam yang sudah lembap dan taruh pada tempat yang teduh. Tanaman ketumbar akan tumbuh dan cuma butuh beberapa bulan saja untuk dipanen.

Sawi

Sawi bisa ditanam di tempat sejuk. (Hellosehat)
Sawi bisa ditanam di tempat sejuk. (Hellosehat)

Menaman sawi nggak serumit yang dibayangkan, bahkan kamu nggak memerlukan tanah untuk mengembangkannya. Caranya sisakan 1/3 pangkal sawi, rendam pangkalnya dalam air, lalu angin-anginkan pada tempat yang sejuk. Setiap hari tunas sawi ini akan tumbuh. Jangan tempatkan sawi langsung di bawah matahari ya!

Serai

Serai yang memarkan sangat cocok sebagai tambahan memasak menu khas tertentu. (iStock)
Serai yang memarkan sangat cocok sebagai tambahan memasak menu khas tertentu. (iStock)

Serai memang bahan penyedap yang sering digunakan untuk masakan khas Indonesia. Rempah satu ini bisa kamu tanam dengan cara merendam pangkal batangnya ke dalam ½ bagian air. Seperti halnya menanam kemangi, setelah tumbuh akar bisa kamu pindah ke tanah.

Mulai besok jangan buru-buru membuang sisa sayuranmu ya, Millens? (MG26/E06)