Noda Oli di Baju Bisa Hilang dengan Cara Sederhana Ini, lo!

Noda Oli di Baju Bisa Hilang dengan Cara Sederhana Ini, lo!
Cara menghilangkan noda oli di pakaian. (parenting.firstcry)

Banyak orang mengira jika pakaian sudah terkena oli, nggak ada solusi selain membuangnya. Namun, rupanya noda oli di pakaian bisa hilang dengan cara sederhana, lo.

Inibaru.id – Selain minyak dan kopi, pakaian bakal sangat susah dibersihkan bila terkena oli. Noda ini memiliki tekstur yang cukup lengket karena mengandung minyak sehingga dapat meresap dan melekat pada serat kain. Inilah yang membuat noda oli di pakaian sangat susah dihilangkan.

Mencuci pakaian yang terkena oli dengan cara konvensional nggak langsung menghilangkan noda sepenuhnya. Perlu dilakukan beberapa trik supaya noda dapat hilang. Berikut tips-tips menghilangkan noda oli pada pakaian.

Taburi Kapur

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menaburi kapur, bedak, atau baking soda yang bisa menyerap oli. Cara awal ini bisa kamu coba agar noda oli dapat dengan mudah dibersihkan nantinya.

Oleskan Cairan Pembersih

Langkah kedua yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengoleskan cairan pembersih. Aseton atau pembersih cat kuku dapat digunakan untuk menarik sisa oli yang menempel. Kamu tinggal perlu menempelkan tisu atau lap pada pakaian kemudian teteskan aseton untuk menarik noda ke tisu tersebut. Kemudian cuci seperti biasa.

Gunakan WD-40

Jika cara sebelumnya belum bisa mengangkat noda oli, coba gunakan WD-40, Millens. Cairan ini dapat berfungsi sebagai larutan perendam pakaian. Cukup diamkan pakaian yang sudah diberi larutan ini selama 10 menit, kemudian gosok menggunakan sabun cuci.

Gunakan Minyak Tanah

Cara terakhir untuk menghilangkan noda oli pada pakaian adalah dengan menggunakan minyak tanah. Salah satu bahan bakar minyak ini sering digunakan untuk membilas oli yang menempel pada tangan. Kamu tinggal menggosok noda oli dengan minyak tanah, lalu cuci baju seperti biasa. Namun, saat ini sangat susah menemukan minyak tanah di pasaran.

Nah, gimana Millens, sudah tahu kan cara menghilangkan noda oli pada pakaian? Jadi, coba bersihkan dulu ya noda itu, jangan buru-buru membuang pakaian yang terkena oli. (IB24/E04)