Bila Dibiarkan, Gusi Berdarah Bisa Jadi Masalah Serius

Beberapa orang mungkin pernah mengalami gusi berdarah saat sikat gigi. Sebagian di antaranya menganggap hal ini wajar, padahal bila nggak segera ditangai, gusi berdarah bisa jadi masalah serius, lo.

Bila Dibiarkan, Gusi Berdarah Bisa Jadi Masalah Serius
Gusi berdarah bisa jadi tanda masalah serius. (Stonebridge Dental)

Inibaru.id – Gusi berdarah jamak dialami setiap orang. Kondisi ini biasanya terjadi saat seseorang menyikat gigi atau memakan makanan yang bertekstur keras. Sebagian orang biasanya mengabaikan hal ini. Padahal, gusi berdarah bisa jadi tanda penyakit serius, lo.

Selain karena sikat yang terlalu kasar atau makanan yang terlalu keras, gusi berdarah juga bisa diakibatkan karena adanya peradangan pada gusi, Millens. Radang gusi atau biasa disebut gingivitis dapat terjadi karena menumpuknya plak dan karang gigi.

Radang gusi juga punya beberapa tingkatan, dimulai dari yang ringan sampai ke yang berat. Kalau kamu menyikat gigi dan mendapati sedikit darah pada gusimu, artinya peradangan yang kamu alami masih ringan.

Kendati begitu, peradangan ini menandakan adanya tumpukan bakteri di area gigi. Kondisi pembuluh darahmu juga cenderung tipis.

"Jadi, hanya terkena sentuhan ringan saja pembuluh darah bisa pecah dan mengeluarkan darah. Itu sudah indikator," kata Dokter Gigi Andy Wirahadikusumah Sp Pros seperti dikutip dari laman Kompas, Kamis (11/4/2019).

Penyebab paling umum radang gusi adalah buruknya kondisi kebersihan mulut. Oleh sebab itu, penting untuk mengecek kondisi kesehatan mulut secara rutin di dokter gigi.

“Kadang kita menganggap gigi kita sehat padahal mungkin kalau dicek setiap enam bulan sekali ada saja. Misal, makanan nyelip di bagian tertentu yang tidak terlihat atau lubang,” tambahnya.

Nah, jika radang gusi dibiarkan berlarut-larut, hal itu berpotensi menjadi masalah gigi serius yang biasa disebut periodontitis. Infeksi gusi serius ini merusak jaringan lunak dan tulang penopang gigi. Penyakit tersebut bisa berujung pada gigi tanggal.

So, kalau gigimu mulai radang, segeralah periksa ke dokter gigi, Millens. Oh iya, jangan lupa sikat gigi sebelum tidur ya supaya mengurangi risiko munculnya karang gigi. (IB24/E04)