Jangan Bingung, Begini Cara Bersihkan Noda Minyak Membandel di Wadah Plastik

Jangan Bingung, Begini Cara Bersihkan Noda Minyak Membandel di Wadah Plastik
Membersihkan wadah plastik yang terkena noda minyak membandel. (Huffingtonpost)

Wadah plastik sering dipakai untuk menyimpan makanan karena dianggap praktis dan fleksibel dibawa. Sayang, orang kerap kali merasa kerepotan membersihkan wadah usai penggunaan, terutama karena noda minyak yang menempel. Nah, gimana sih cara membersihkan wadah plastik dari noda minyak?

Inibaru.id – Wadah plastik sering dipakai untuk menampung makanan, baik berkuah ataupun kering. Bahan plastik ini dipilih karena lebih ringan dan fleksibel dibawa ke mana-mana. Sayang, kalau wadah plastik sudah terkena minyak, akan sulit untuk dihilangkan.

Selain itu, bau nggak sedap juga kadang muncul pada wadah plastik. Bau itu juga sukar hilang meski sudah dicuci dengan sabun antiminyak berulang kali.

Nah, ini ada cara ampuh untuk membersihkan noda minyak di wadah plastik. Yuk, simak!

Membersihkan dengan Baking Soda

 

Baking soda. (Everydayhealth)

Cara pertama untuk mengatasi noda minyak di wadah plastik adalah dengan baking soda. Kamu perlu menyiapkan baskom berisi air hangat lalu campur dengan baking soda secukupnya, selanjutnya aduk hingga merata dan larut. Rendamlah wadah plastik yang berminyak ke dalam baskom selama 10 menit sebelum dicuci dengan sabun piring seperti biasa. Jangan lupa usai direndam, gosok wadah dengan hati-hati ya!

Membersihkan dengan Hand Sanitizer

Hand sanitizer. (Inlifehealthcare)

Segala jenis hand sanitizer mampu membersihkan lemak membandel di wadah plastik, lo. Kandungan alkohol di dalam hand sanitizer inilah yang dapat membersihkan noda membandel di wadah plastik. Cara penggunaannya cukup mudah dan cepat, yakni oleskan cairan di area yang kotor, lalu gosok hingga noda menghilang. Kemudian kamu bisa mencuci wadah dengan sabun hingga bersih.

Menghilangkan Minyak dengan Lemon

Membersihkan dengan buah lemon. (3a2ilati)

Kandungan asam pada lemon nyatanya dapat membantu menghilangkan noda dan bakteri. Kamu cukup gosok wadah dengan air lemon dan biarkan selama satu sampai dua hari di bawah sinar matahari. Ini akan membuat noda super membandel di wadahmu dapat terangkat dan bakteri yang menempel akan lenyap.

Memanfaatkan Koran Bekas

Membersihkan dengan koran bekas. (Hometriangle)

Nggak cuma untuk bungkus gorengan, koran bekas juga bisa menghilangkan minyak yang tertinggal di wadah plastik. Koran bekas itu tinggal dibatasi dengan sedikit air, lalu simpan di dalam wadah semalaman dengan kondisi tertutup. Kandungan karbon pada koran ini akan menyerap minyak dan bau nggak sedap dalam wadah. Nah, esok hari tinggal cuci wadah sampai bersih deh! Mudah kan?

Nah, menurut sobat Millens cara mana nih yang paling mudah dilakukan? Selamat mencoba ya! (IB07/E04)