Jika Tubuhmu Lelah, Langsung Atasi Saja dengan Cara-Cara Ini

Aktivitas yang padat, durasi tidur yang kurang, dan kondisi psikologis yang sedang terganggu bisa membuatmu mudah lelah. Kalau sudah lelah, apa yang harus dilakukan?

Jika Tubuhmu Lelah, Langsung Atasi Saja dengan Cara-Cara Ini
Ilustrasi kelelahan. (BRAINMD)

Inibaru.id – Tubuh yang lelah bisa diakibatkan banyak faktor. Aktivitas yang terlalu padat, pola makan yang nggak teratur, hingga stres bisa membuatmu mudah lelah. Nah, kalau tubuh sudah lelah, ada beberapa hal yang mesti kamu lakukan, Millens.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah istirahat. Selain itu, kamu juga bisa mengatasi kelelahan dengan cara-cara berikut.

Tidur Cukup

Lelah bisa terjadi karena padatnya aktivitas sehingga kamu kurang beristirahat. Bila itu memang penyebabnya, segeralah istirahatkan tubuh untuk tidur. Kamu perlu disiplin dalam hal tidur. Perlu ada patokan kapan kamu akan tidur dan kapan akan bangun.

Durasi tidur pun sangat berpengaruh pada kondisi kesehatanmu. Orang dewasa butuh tidur selama 6-7 jam per hari. Sementara bayi atau anak-anak perlu waktu lebih dari itu. Tidur siang juga cukup penting. AMbilla waktu sekitar 10-15 menit untuk memejamkan mata supaya kesiapan kerjamu meningkat. Oh iya, hindari juga pemakaian obat tidur jika kamu merasa sulit tidur sebelum mengonsultasikannya ke dokter ahli.

Perhatikan Asupan Makanan dan Jam Makan

Daripada tidur, makan jauh lebih penting untuk menjaga tubuhmu agar tetap sehat. Namun, kamu perlu memperhatikan setiap menu yang masuk ke dalam perut. Di pagi hari, kamu bisa mengonsumsi minuman berkafein untuk melecutkan semangat. Lalu, lanjutkan sarapanmu dengan  memakan makanan segar dengan banyak nutrisi seperti buah, ikan, telur, sayuran, dan karbohidrat kompleks.

Kamu juga harus makan tepat waktu dan nggak menunda-nunda jam makan siang. Siang adalah saat yang paling sibuk terlebih urusan pekerjaan. Saat itulah kamu perlu makan supaya punya energi yang cukup untuk beraktivitas.

Minum yang Cukup

Selain mengatur makanan, kebutuhan minum juga harus terpenuhi untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Kurang minum juga bisa mengakibatkan kelelahan. Jadi, jangan lupa untuk minum yang cukup setiap hari, apalagi ketika kamu sedang kehausan.

Mengelola stres

Dilansir dari Alodokter.com (21/8/2017), stres kronis dapat menyebabkan kelelahan. Mengerjakan terlalu banyak hal yang diminta orang lain juga bisa berdampak pada stres dan kelelahan. Ada baiknya kamu beristirahat untuk menenangkan pikiran atau menonton tayangan-tayangan lucu untuk membuatmu gembira lagi. Oh iya, kamu juga bisa mencoba metode relaksasi seperti yoga dan meditasi untuk meredakan stres, lo.

Olahraga

Lelah bisa jadi pertanda tubuhmu kaku karena kurang aktif bergerak. Menurut seorang profesor dan pakar fisiologi olaharaga, kegiatan ini justru dapat meningkatkan semangat, kepercayaan diri, efektivitas dalam bekerja, dan kualitas kesehatan secara menyeluruh.

Nggak perlu ribet dan lama, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki selama 15 menit, bersepeda, atau berenang yang lebih menyenangkan untuk dilakukan.

Nah, dengan cara-cara ini, semoga kamu berhasil mengatasi rasa lelahmu ya Millens! Tetap semangat! (IB07/E04)