Jangan Baper, Ini Cara Bijak Hadapi Social Distancing

Jangan Baper, Ini Cara Bijak Hadapi Social Distancing
Menjaga jarak untuk sementara waktu. (Getti Image)

Nggak perlu baper kalau ada imbauan tertentu demi kelangsungan hidup banyak orang. Pahami saja kalau keadaan memang sedang nggak asyik.

Inibaru.id - Pemerintah sudah memberikan arahan kepada seluruh masyarakat hingga menginfokan ke seluruh perusahaan agar seluruh masyarahat Indonesia menerapkan WFH (work from home) dan menjalankan social distancing.

Mungkin memang berat karena kebiasaan orang Indonesia adalah bergerombol. Tapi nggak ada salahnya untuk sementara waktu kamu coba menerapkan ini. Kamu bisa mencoba cara bijak ini untuk memahami social distancing.

1. Sikon yang Memaksa untuk Melakukan Hal Ini

Demi kebaikan bersama kamu perlu menjaga jarak. (Shutterstock)
Demi kebaikan bersama kamu perlu menjaga jarak. (Shutterstock)

Belajarlah untuk mengerti keadaan ini demi orang-orang tercinta. Ubah pola pikirmu dengan selalu berpikir positif demi kebaikan banyak orang. Semua ini nggak bakal lama kalau kamu nurut dengan anjuran pemerintah buat menjaga jarak sementara waktu.

2. Jangan Karena Daerahmu Belum Terpapar, Lalu Kamu Nggak Mau Menataati Anjuran Pemerintah

Namanya juga virus. Mustahil terlihat dengan mata telanjang. Jadi jangan sesumbar kalau belum menyentuh lingkungan tempat tinggalmu. Nggak ada yang nggak mungkin. Tetaplah waspada dengan melakukan langkah preventif.

3. Tetap Bisa Berkomunikasi via Daring

Kecanggihan teknologi memudahkan kamu untuk tetap menjaga komunikasi meskipun nggak bertemu langsung. Kamu tetap bisa berkomunikasi via fitur panggilan video kalau lagi kangen sama teman atau gebetan. Sudah nggak ada alasan lagi untuk nggak mengikuti anjuran social distancing ya.

4. Jika Nggak Sengaja Ketemu Teman di Luar, Tetap Terapkan Preventif

Cegah dirimu sendiri adalah langkah awal terbaik. (pixabay.com)
Cegah dirimu sendiri adalah langkah awal terbaik. (pixabay.com)

Bisa saja kamu bertemu teman saat pergi keluar dalam keadaan mendesak. Nah, usahakan jangan langsung menyentuhnya seperti berjabat tangan atau cipika-cipiki. Kamu nggak akan tahu seperti apa keadaannya yang sebenarnya dan juga kondisimu yang sebenarnya. Sudah tahu kan, kalau nggak semua orang yang terinfeksi menunjukkan gejala?

5. Jangan Parno, Alihkan Perhatian Pada Hobi yang Lama Tak Tersentuh

Melakukan hal baru untuk mengisi waktu. (pexels.com)
Melakukan hal baru untuk mengisi waktu. (pexels.com)

Biar kamu nggak baper dan nggak parno, kamu bisa melakukan hal yang kamu sukai seperti main gim dan nonton film favorit.

Nah, semoga imbauan untuk "mengurung diri" di rumah nggak bikin kamu uring-uringan ya. Ingat, ini demi kebaikan bersama. (IB30/E05)