Jangan Asal Mewarnai Rambut, Kamu Harus Memperhatikan Hal-hal Berikut Ini

Jangan Asal Mewarnai Rambut, Kamu Harus Memperhatikan Hal-hal Berikut Ini
Mengecat rambut. (Shutterstock)

Mengecat rambut jika nggak dilakukan secara benar malah akan merusak rambut. Jadi perhatikan hal-hal berikut ini.

Inibaru.id - Orang yang mewarnai rambut tentu memiliki tujuan agar tampak lebih fresh dan mempercantik tampilan. Namun, nggak jarang juga yang didapat adalah hal sebaliknya, yakni rambut yang rusak atau alergi.

Nah, kali ini adalah hal-hal yang patut diperhartikan saat kamu akan mewarnai rambut. Yuk, mari kita simak.

1. Pastikan Rambut dalam Keadaan Sehat

Dalam proses pewarnaan rambut ada yang dinamakan dengan proses bleaching agar cat rambut nggak menyatu dengan warna asli rambut. Nah, tahap ini membuka kutikula dan menghilangkan melanin rambut.

2. Cek Alergi dengan Mengoles Pewarna Rambut di Belakang Telinga

Alergi juga bisa ditimbulkan dari pewarna rambut apabila nggak cocok dengan kulit kepalamu. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa mengoleskan pewarna rambut tersebut ke belakang telinga. Tunggu selama dua hari untuk memastikan apakah kamu alergi dengan pewarna rambut tersebut atau nggak.

3. Perhatikan Proses Bleaching

Proses bleaching merupakan aspek penting karena akan memengaruhi kadar warna dalam pewarnaan rambut. Jika rambutmu cokelat atau hitam, seengaknya dibutuhkan waktu 2-3 minggu untuk pengecatan ulang agar menghasilkan warna maksimal.

4. Efisensi Produk Developer

Tahap bleaching juga butuh produk developer. Produk ini berfungsi untuk membuka folikel rambut agar zat pewarna bisa lebih merasuk ke rambut. Semakin tinggi kadarnya digunakan, semakin menyala pula warnanya. Kalau mau menggunakannya, perhatikan volume pada intruksi yang ada. Biasanya antara 20-30 ml.

5. Memilih Obat Perwarna yang Cocok

Hal ini berkaitan dengan kesehatan rambut. Jika kamu memilih warna yang nggak terlalu kontras dengan warna asli rambut kamu, maka akan memangkas proses pewarnaan. Selain itu, warnanya akan bertahan cukup lama.

6. Setelah Pengecatan, Perhatikan Perawatan

Apapun perawatan sangat dibutuhkan meski rambut sedang dicat. Senantiasa mencuci dan memberi kondisioner adalah kuncinya. Dan jangan sering-sering memakai hair driyer untuk mengeringkan rambut, sebab suhu panas akan merusak rambut saat diberi pewarna.

Jadi itu adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat mewarnai rambut ya, Millens. Awas, jangan sembarangan ya. (IB28/E05)