Jangan Asal, Ini Persiapan Khusus Ikutan Lari Virtual

Jangan Asal, Ini Persiapan Khusus Ikutan Lari Virtual
Lari virtual secara sendiri juga perlu persiapan khusus. (Inibaru.id/ Audrian F)

Victorio Kharismayana dari Komunitas Semarang Runner memberikan saran-saran khusus buat kamu yang mau ikut lomba lari virtual. Apa saja ya? 

Inibaru.id - Lari virtual belakangan menjadi populer selama pandemi mendera. Kondisi yang serba terbatas untuk menjalankan perlombaan lari membuat salah satu event olahraga ini beralih ke platform daring.

Teknis lari virtual dilakukan di kediaman masing-masing dengan pengukuran jarak lari dari sebuah aplikasi. Tujuan adanya lari virtual tentu nggak lain karena untuk menghindari kerumunan dan mencegah penularan Covid-19.

Nah, meskipun lebih ringkas dan dilakukan sendiri, lari virtual ternyata nggak begitu saja dilakukan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Victorio Kharismayana sebagai penyelenggara lari virtual dari Komunitas Semarang Runner membeberkan apa-apa saja yang harus diperhatikan sebelum berpartisipasi dalam perlombaan secara daring ini.

Lari virtual juga butuh menjaga kebugaran. (Inibaru.id/ Audrian F)
Lari virtual juga butuh menjaga kebugaran. (Inibaru.id/ Audrian F)

Kebugaran

Dalam mengikuti lari virtual, Rio juga menekankan agar peserta menjaga kondisi. Sebab di tengah pandemi seperti ini, daya tahan tubuh menjadi satu hal yang penting.

Kemudian pada lari virtual memang nggak ada pemenang khusus meskipun ada peringkat. Urutan berapa pun akan mendapat medali dan jersey dengan syarat finish. Nah, kalau kamu nggak menjaga kebugaraan lalu capek dan nggak finish, sungguh disayangkan juga bukan?

“Pastikan tubuh kita sehat, apalagi kalau memang berlari di jalanan umum,” ujar Rio.

Pemanasan

Biasanya kalau lari bersama-sama ada pemanasan bareng terlebih dahulu. Namun beda halnya jika lari virtual yang harus lari sendiri-sendiri di lingkungan rumahnya. Ada kemungkinan para peserta nggak melakukan pemanasan.

Untuk itulah Rio meminta para peserta untuk melakukan pemanasan yang cukup. Bahkan disarankan melakukan latihan sebelum tiba di jadwal perlombaan.

“Itu semua agar kita bisa berlari dengan aman, nyaman dan tidak cedera,” katanya.

Kalau mau ikut lari perlu punya perkakas teknologi seperti running watch. (Inibaru.id/ Audrian F)
Kalau mau ikut lari perlu punya perkakas teknologi seperti running watch. (Inibaru.id/ Audrian F)

Instal Aplikasi

Karena dilaksanakan secara virtual, maka kamu perlu menambah perkakas lari. Terutama gawai yang mumpuni untuk menampung aplikasi pencatat jarak lari. Atau bisa juga kamu memakai jam tangan yang punya running watch. Tapi kalau pakai jam tangan harganya terbilang lumayan ya.

“Aplikasi gunanya untuk mendata jarak lari dan mensubmit ke website panitia,” pungkas Rio.

Nah, jadi itulah hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum ikut lari virtual. Selain semua persiapan tadi, jangan lupa juga untuk menerapkan protokol kesehatan ya, Millens. (Audrian F/E05)