Jalur Tol Batang-Semarang Siap Digunakan pada Lebaran

Jalan tol Batang-Semarang akan dibuka fungsional untuk mewadahi kebutuhan pemudik pada Lebaran nanti. Pembukaan jalur ini akan dipertahankan hingga H+10.

Jalur Tol Batang-Semarang Siap Digunakan pada Lebaran
Proses pembangunan jalan tol Batang-Semarang. (Tribunnews.com)

Inibaru.id – Nggak lebih dari dua bulan Indonesia bakal kembali menyambut para pemudik Lebaran. Seperti tahun sebelumnya, jalur pantai utara (pantura) kembali jadi sorotan. Nah, buat Sobat Millens yang berencana mudik dengan melewati jalur tersebut, ruas jalur tol Semarang-Batang atau sebaliknya sudah bisa dilalui. Hm, enak nih!

Jalan tol sepanjang 75 kilometer itu akan dibuka fungsional dari H-10 Lebaran hingga H+10 Lebaran. Proyek jalur yang dibuka dimulai dari ruas Batang hingga Krapyak (Semarang). Hanya ada satu jalur dengan dua lajur yang diperuntukkan bagi pemudik.

“Kami membuka proyek Jalan Tol Batang-Semarang dari ruas Batang hingga simpang susun Krapyak sebagai jalur fungsional. Jika tahun lalu proyek-proyek jalan tol tersebut dibuka secara darurat, kali ini fungsional," kata Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Aryani, dalam keterangan tertulis, Jumat (4/5/2018).

Demi memastikan kenyamanan dan keamanan pemudik, Jasa Marga memastikan kesiapan sarana, seperti perkerasan beton dan fasilitas penunjang yang diperlukan. Kompas.com (5/5) menulis, kebutuhan tersebut termasuk empat tempat istirahat dan empat parking bay yang sudah disiapkan PT Jasa Marga Batang Semarang, anak usaha Jasa Marga yang mengelola ruas tol tersebut.

Anggota Komisi IV DPR Dito Ganinduto berharap arus mudik tahun ini lebih baik dari sebelumnya lantaran Jasa Marga telah membuka jalur-jalur fungsional yang menghubungkan sejumlah wilayah.

"Dengan diberlakukannya jalan tol fungsional ini, berarti tol dari Jakarta sampai ke Surabaya hampir bisa seluruhnya digunakan pada saat arus mudik atau arus balik nanti," ujarnya, seperti ditulis Tempo.co (4/5).

Perampungan jalan tol Batang-Semarang direncanakan selesai pada akhir 2018. Sebanyak 78 persen kemajuan konstruksi telah dicapai hingga Mei ini. Sementara itu, pembebasan lahan sudah mencapai 98,17 persen dari total kebutuhan lahan proyek.

Baiklah, makin banyak pilihan jalur mudik nih! (IB08/E03)