Jalur Rel Ganda Selatan Jateng Ditargetkan Bisa Digunakan Saat Mudik Lebaran

Jalur Rel Ganda Selatan Jateng Ditargetkan Bisa Digunakan Saat Mudik Lebaran
Pengerjaan jalur rel ganda. (Media Indonesia/Lilik Darmawan)

PT KAI menargetkan jalur rel ganda antara Kroya dan Kutoarjo bisa selesai sebelum libur lebaran. Persiapan apa lagi yang dilakukan PT KAI demi libur lebaran tahun ini?

Inibaru.id – Jalur rel ganda kereta api di antara Kroya (Cilacap) hingga Kutoarjo (Purworejo), Jawa Tengah ditargetkan selesai sebelum libur lebaran. Hal ini dikarenakan agar KA bisa melewati jalur tersebut saat arus mudik lebaran mendatang.

Direktur Utama (Dirut) PT KAI (Persero) Edi Sukmoro menegaskan target penyelesaian jalur rel ganda nggak boleh tertunda.

“Kita harapkan demikian, bisa selesai. Sehingga nantinya, KA bisa menambah juga okupasi penumpang,” ucap Eko saat meresmikan Loco Coffe Shop yang berlokasi di Stasiun Besar Purwokerto pada Sabtu (15/2).

Pembangunan jalur rel ganda (Antara/Siswowidodo)
Pembangunan jalur rel ganda (Antara/Siswowidodo)

Jika jalur rel ganda ini bisa diselesaikan sesuai target, perjalanan kereta api untuk arus mudik dan arus balik yang biasanya meningkat akan lebih lancar. Hal ini tentu akan memudahkan penumpang yang ingin pulang ke kampung halamannya demi merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Nggak hanya merampungkan jalur rel ganda, PT KAI juga sudah mempersiapkan berbagai hal lainnya terkait dengan arus mudik tahun ini. Sebagai contoh, kapasitas tempat duduk kereta api saat libur lebaran akan ditambah hingga 2%.

Pengerjaan rel ganda. (Jawapos.com)
Pengerjaan rel ganda. (Jawapos.com)

“Untuk jumlah penumpang, diperkirakan mengalami kenaikan antara 4% hingga 5%,” terang Eko.

Selain itu, PT KAI ternyata juga sudah membuka penjualan tiket untuk arus mudik Lebaran tahun ini, meskipun jumlah tiket yang dijual nggak sampai 10% dari total tiket yang disediakan.

“Kami juga akan berkeliling untuk melakukan pengecekan guna persiapan angkutan Lebaran. Yang pertama kami lakukan inspeksi jalur utara dan selatan, perjalanan inspeksi sekaligus memastikan stasiun antara siap menghadapi arus mudik dan balik,” ucapnya.

Semoga saja, dengan keberadaan jalur rel ganda ini, perjalanan mudik lebaran dengan kereta di selatan Jawa Tengah akan lancar ya, Millens! (MI/IB09/E06)