Jalur Rel Ganda Karanganyar-Ngawi Resmi Beroperasi

Jalur Rel Ganda Karanganyar-Ngawi Resmi Beroperasi
Jalur rel ganda Karanganyar-Ngawi mulai dibuka. (Okezone)

Jalur rel ganda dari Karanganyar, Jawa Tengah menuju Ngawi, Jawa Timur resmi dibuka. Dengan adanya jalur rel ganda itu, naik kereta dari Solo ke Ngawi atau sebaliknya bisa ditempuh 15 menit lebih cepat.

Inibaru.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi VI Yogyakarta resmi mengoperasikan jalur rel ganda dari Palur, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ke Stasiun Kedung Banteng, Ngawi, Jawa Timur. Jalur ini memiliki panjang 34 kilometer.

Dengan pembukaan jalur rel ganda ini, jarak tempuh antara Palur ke Stasiun Kedung Banteng lebih cepat. Kalau dulu dari Solo ke Ngawi harus ditempuh selama 45 menit, kini kamu bisa menempuhnya 15 menit lebih cepat.

Antaranews.com, Selasa (5/3/2019) menulis, meskipun jalur rel ganda ini sudah beroperasi, belum ada penambahan jumlah kereta api yang melintas.

“Nanti jalur ganda ini akan diperpanjang hingga Stasiun Solo Balapan,” ungkap Kepala PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Purwanto saat berada di Stasiun Kemiri, Karanganyar.

Eko juga menyebut pihaknya kini sedang dalam proses menyiapkan sejumlah relasi demi memaksimalkan jalur ganda tersebut. Bahkan, ada kemungkinan kereta Prambanan Ekspres (Prameks) bisa mencapai Palur atau lebih jauh lagi.

Selain itu, pemberlakuan rel ganda ini juga diharapkan bisa mengatasi masalah penumpukan penumpang di satu stasiun. Sebelum diberlakukan jalur ganda, kondisi ini sering terjadi di Stasiun Solo Balapan.

“Hal ini tentu akan membuat penumpang lebih nyaman untuk menggunakan moda transportasi kereta api,” ucap Eko.

Kendati begitu, proses pengerjaan jalur rel ganda ini masih belum benar-benar rampung. Menurut Direktur Prasarana Perkeretaapian Direktoran Jenderal Kereta Api Zamrides, masih ada 4,6 km jalur yang belum selesai dikerjakan dari Stasiun Jebres Surakarta ke Stasiun Palur. Diperkirakan, bulan depan proses pengerjaan ini bisa diselesaikan.

“Perkiraan kami bulan April prosesnya sudah selesai. Jadi Yogyakarta dan Ngawi sudah tersambung dengan jalur ganda,” terang Zamrides.

Wah, kemajuan moda transportasi kereta api di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir memang luar biasa ya, Millens. Semakin mudah nih naik kereta api. (IB09/E04)