Mulai 10 Februari, Jalur Pendakian Gunung Sindoro Ditutup Selama Tiga Pekan

Mulai 10 Februari, Jalur Pendakian Gunung Sindoro Ditutup Selama Tiga Pekan
Jalur pendakian Gunung Sindoro (Explore)

Jalur pendakian Gunung Sindoro bakal ditutup sementara. Selain karena hujan lebat dan cuaca buruk, penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro juga demi revilatisasi ekosistem dan perbaikan jalur pendakian.

Inibaru.id – Sobat Millens ada yang berencana mendaki Gunung Sindoro dalam waktu dekat nggak? Kalau ada, sebaiknya ditunda dulu rencananya karena jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung, Temanggung ditutup mulai Minggu (10/2/2019) hingga Jumat (1/3).

Kompas.com, Jumat (1/2) menulis, pengumuman jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung ini dikeluarkan Gabungan Remaja Anak Sindoro (Grasindo) melalui media sosial Instagram.

Berdasarkan surat yang diunggah di Instagram ini, alasan penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro disebabkan hujan lebat dan cuaca yang semakin tidak menentu. Hal ini dikhawatirkan bisa membahayakan para pendaki. Selain itu, penutupan jalur pendakian juga diharapkan bisa memulihkan ekosistem di sepanjang jalur sehingga bisa mengembalikan keanekaragaman berbagai tumbuhan dan satwa.

“Saat ini cuaca sudah cenderung ekstrem. Penutupan pun kami lakukan demi keselamatan pengunjung. Selain itu juga untuk revitalisasi ekosistem,” terang petugas Basecamp Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Susanto.

Susanto juga menyebut rencana penutupan jalur pendakian demi revitalisasi ekosistem ini sudah direncanakan sejak lama.

“Kalau tidak salah sudah beberapa tahun Gunung Sindoro tidak pernah ditutup. Jadi demi revitalisasi ekosistem kami tutup saja untuk sementara sehingga nanti jalur pendakian bisa normal kembali,” lanjutnya.

Selama ini, Kledung adalah jalur pendakian Gunung Sindoro yang paling disukai para pendaki karena menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Hal itu membuat jumlah pendaki yang melewati jalur Kledung lebih banyak dari jalur-jalur lainnya. Dengan adanya penutupan ini, pihak basecamp juga memiliki kesempatan untuk membersihkan sampah dan memperbaiki jalur.

Saat dibuka nanti, para pendaki dilarang untuk menggunakan tisu basah sewaktu mendaki Gunung Sindoro. Tisu basah itu bisa mengotori alam. Bahkan, para pendaki akan dicek bawaannya sehingga jika ada yang membawa tisu basah akan disita.

Musim hujan memang sedang memasuki masa puncak. Ada baiknya, sobat Millens nggak mendaki gunung dulu, ya! (IB09/E04)