Jalan Tol Semarang-Demak Siap Dibangun

Proses pelelangan proyek Jalan Tol Semarang-Demak sekaligus tanggul laut telah selesai. Proyek pembangunan fisik pun bisa dimulai pada 2019.

Jalan Tol Semarang-Demak Siap Dibangun
Jalan Tol Semarang-Demak segera dibangun. (Katadata)

Inibaru.id – Proyek jalan tol Semarang-Demak sekaligus tanggul laut di pantai utara kawasan Semarang dan Demak segera dibangun tahun ini. Hal ini ditegaskan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Sri Puryono.

Laman Antaranews, Senin (10/6/2019) menulis, proses pelelangan proyek infrastruktur ini telah dilakukan beberapa waktu lalu. Pemenang lelang akan melakukan proyek dengan nilai investasi mencapai Rp15,3 triliun ini.

“Pembangunan fisik jalan tol Semarang-Demak sudah bisa mulai tahun ini. Semoga saja bisa selesai sesuai dengan target,” ucap Sri.

Meskipun begitu, Sri juga menyebut masih ada revisi penetapan lokasi mengingat adanya rencana zonasi yang membutuhkan kesepakatan dengan warga yang terdampak proyek.

“Prosesnya masih jalan dan kini di tahapan sosialisasi dengan warga. Kami nggak ingin meninggalkan masyarakat, tapi masyarakat juga nggak bisa semuanya sendiri. Karena itu kami sedang jalankan komunikasi,” terangnya.

Proyek jalan tol dengan panjang 27 km ini sebenarnya tidak memakan wilayah yang terlalu luas. Satu wilayah kecamatan yang akan terdampak hanyalah Kecamatan Sayung yang masuk wilayah Kabupaten Demak. Selain itu, secara teknis proyek ini juga akan memiliki empat buah simpang susun yang ada di wilayah Kaligawe, Terboyo, Sayung, serta Demak.

Sementara itu, tanggul laut yang dibangun di sisi utara wilayah Kabupaten Demak dan Kota Semarang ini diharapkan bisa mengatasi masalah banjir, rob, hingga menurunnya permukaan tanah yang ada di kawasan pesisir utara seperti di wilayah Kaligawe, Kota Semarang, dan Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.

“Jalur Semarang-Demak kan selalu dipadati kendaraan, baik itu antarkota atau antarprovinsi. Adanya jalan tol ini diharapkan bisa membuat aksesibilitas dan kapasitas jaringan jalan di kawasan tersebut meningkat,” pungkas Sri.

Semoga jalan tol Semarang-Demak ini segera rampung dan berfungsi sesuai rencana ya, Millens. (IB09/E04)