Jalan Kaki, Cara Sederhana Turunkan Berat Badan

Bagi orang yang masih malas berolahraga namun pengin menurunkan berat badan, jalan kaki bisa jadi olahraga kecil yang menyenangkan. Namun, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatiakn selama melakukan aktivitas ini. Apa saja hal-hal tersebut?

Jalan Kaki, Cara Sederhana Turunkan Berat Badan
Jalan kaki bisa jadi opsi olahraga yang sederhana dan menyenangkan. (dingo.care2.com)

Inibaru.id – Kalau kamu sedang dalam rangka menurunkan berat badan, jalan kaki bisa jadi cara sederhana untuk mewujudkan tujuanmu. Sebagian orang yang merasa belum kuat melakukan olahraga berat memilih aktivitas ini. Dengan berjalan selama 30 menit saja dalam tiga kali seminggu, aktivitas ini bisa mempengaruhi berat badanmu. Hal ini diungkapkan oleh Anna Victoria selaku personal trainer sekaligus pembuat aplikasi The Body Love.

Victoria mengatakan yang penting dilakukan selama berjalan kaki adalah memastikan denyut jantung berada dalam kisaran Low-Intensity Steady State (LISS). Istilah ini digunakan untuk menyebut olahraga kardio dengan kecepatan tetap dan intensitas rendah. Untuk mengetahui kamu sudah berada di kisaran ini cukup mudah, lo. Selama kamu masih bisa berjalan sambil ngobrol, selama itu pula kamu masih di kisaran LISS. Supaya makin efektif, kamu bisa mengombinasikannya dengan jogging. Jadi, setelah satu menit berjalan, satu menit berikutnya gunakan saja untuk lari kecil.

O ya, jangan lupa pula untuk mengatur pola makanmu ya, Millens. Kalau pengin efektif, kurangi konsumsi gula atau makanan olahan. Sebagai gantinya, cobalah perbanyak konsumsi protein. Protein membantu membentuk massa otot. Kalau kamu pengin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, pastikan makanan ini ada dalam piringmu.

Sudah tahu kan cara berjalan kaki yang efektif? Kalau kamu rutin melakukannya, nggak hanya tubuh indah yang kamu dapatkan, tapi juga kesehatan yang terjaga. Jadi, yakin nih, masih mau malas-malasan? Yuk, ambil dan pakai sepatu olahragamu sekarang juga! (IB15/E05)