Jajal Pikap Bima Buatan Esemka, Jokowi: Enak dan Nyaman
Esemka Bima. (Agus Suparto)

Jajal Pikap Bima Buatan Esemka, Jokowi: Enak dan Nyaman

Selain meresmikan pabrik perakitan mobil Esemka, Jokowi juga sempat menjajal mobil pikap Bima. Seperti apa pendapatnya tentang mobil ini?

Inibaru.id – Jumat (6/9/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menjajal mobil pikap Esemka Bima 1.2 L. Dia menjajal mobil itu saat meresmikan pabrik perakitan mobil Esemka di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Laman Tempo, Jumat (6/9) menulis, Jokowi mencoba mengendarai pikap dengan warna putih bersama dengan Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto.

“Saya tadi test drive mobil Esemka Bima. Mobilnya enak dan nyaman. Setelah tahu rasanya naik Esemka, saya nggak maksa beli. Tapi wajib beli ya,” canda Jokowi yang langsung disambut dengan tawa dan tepuk tangan para tamu.

Jokowi memberikan apresiasi bagi PT Solo Manufaktur Kreasi yang berani bersaing di dunia otomotif nasional. Apalagi dengan fakta persaingan dunia otomotif di Indonesia sangatlah ketat.

“Saya tahu, konten lokalnya belum mencapai 80-100 persen. Tapi kita harus mengacungi jempol setinggi-tingginya untuk PT Solo Manufaktur Kreasi. Kalau kita bisa menghargai karya anak bangsa, hal ini sudah luar biasa,” ucapnya.

Jokowi juga menyebut pemerintah mendukung perkembangan industri otomotif nasional. Bagi Jokowi, keberadaan pabrik Esemka bisa melahirkan efek domino yang positif lainnya.

“Efeknya nanti sangat besar. Nggak hanya akan menyerap tenaga kerja, nantinya pasti akan menumbuhkan industri untuk memasok komponen lokal,” katanya.

Esemka Bima termasuk dalam mobil berjenis niaga ringan dengan tampilan yang modern. Interior mobil berjenis pikap ini cenderung minimalis namun sudah berkualitas. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan AC dan sistem hiburan single din. Selain jok yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan pengemudi, kopling dan suspensi dari mobil ini juga berkualitas dan nyaman meskipun melalui jalanan yang tidak rata.

Meski nggak memakai sistem power steering, kemudi Esemka Bima terasa ringan meski harus bermanuver di belokan yang cukup tajam.

Millens berminat membeli mobil Esemka, nggak? (IB09/E04)