Jadwal Rekrutmen CPNS 2019 Segera Diumumkan, Lebih dari 197 Ribu Formasi Dibuka

Jadwal Rekrutmen CPNS 2019 Segera Diumumkan, Lebih dari 197 Ribu Formasi Dibuka
Rekrutmen CPNS. (Siedoo)

Rekrutmen CPNS kembali dibuka di akhir tahun ini. Berdasarkan rilis yang dikeluarkan BKN, lebih dari 197 formasi dibuka.

Inibaru.id – Kabar yang ditunggu-tunggu banyak orang akhirnya datang juga. Jadwal rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah diputuskan setelah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2019 yang digelar Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Rabu (25/9/2019) lalu.

Surat yang dikeluarkan BKN dengan nomor 085/RILIS/BKN/X/2019 tertanggal 1 Oktober 2019 menyebut telah ada informasi terkait dengan jumlah formasi CPNS yang akan direkrut. Dalam surat itu juga dicantumkan jadwal pengumuman, pendaftaran, serta seleksi CPNS untuk tahun ini.

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan menyebut rekrutmen CPNS tahun ini hanya diperuntukkan bagi calon Pegawai Negeri Sipil (PNS). Nggak ada proses perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Keputusan ini dibuat karena adanya masalah pada anggaran daerah.

Tahun ini, formasi CPNS yang akan dibuka sebanyak 197.111. Sejumlah 37.854 di antaranya adalah formasi untuk kementerian atau lembaga yang ada di pusat. Sementara itu, 159.257 formasi dibuka untuk daerah, termasuk bagi dosen, peneliti, dan perekayasa. Namun, Ridwan menyebut angka ini masih belum benar-benar pasti.

“Khusus untuk formasi kementerian atau lembaga akan disesuaikan dengan skema kabinet yang baru akan terbentuk setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019 nanti,” ucapnya.

Proses pengumuman rekrutmen CPNS 2019 diperkirakan bakal dilakukan pada pekan keempat Oktober 2019. Sementara itu, proses pendaftaran akan dilaksanakan pada November 2019 dan proses seleksi administrasi akan dilakukan sebulah setelahnya.

“Prosesnya memang terlihat cukup lama, namun hal ini disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS,” ucap Ridwan.

Masyarakat diminta untuk mengecek situs-situs resmi yang mengeluarkan informasi terkait dengan CPNS seperti BKN, kementerian, lembaga, atau pemerintah daerah setempat. Selain itu, media sosial resmi BKN juga bisa dijadikan acuan agar tidak mudah termakan hoaks terkait dengan rekrutmen CPNS.

Millens yang tertarik untuk mendaftar CPNS, segera siapkan berkasmu ya. (IB09/E04)