Jadi Tren Pernikahan Masa Kini, Begini Asal-usul Bridesmaid

Jadi Tren Pernikahan Masa Kini, Begini Asal-usul <em>Bridesmaid</em>
Ilustrasi pengantin dan bridesmaidnya. (Dana Lynn Photo)

Kehadiran bridesmaid dalam pernikahan adalah hal yang wajar ditemui saat ini. Namun, dari mana sih tradisi Bridesmaid ini?

Inibaru.id – Di pesta pernikahan masa kini, kehadiran bridesmaid atau pengiring pernikahan sudah biasa ditemui. Para bridesmaid biasanya orang-orang terdekat bagi pasangan pengantin, baik dari keluarga maupun sahabat.

Penampilan para bridesmaid ditandai dengan pakaian mereka yang seragam. Kehadiran mereka sering ditafsirkan untuk meramaikan pesta pernikahan. Namun, dalam sejarahnya, tugas bridesmaid nggak hanya meramaikan pesta dan hadir sebagai orang terdekat pasangan pengantin, lo.

Deretan bridesmaid. (Sarah Sidwell Photography)

Laman Beautynesia, (12/3/2019) menulis, kehadiran bridesmaid sudah ada sejak zaman Romawi Kuno, Millens. Saat itu setiap acara pernikahan harus dihadiri 10 orang saksi yang datang sebelum pasangan calon pengantin.

Para bridesmaid baik laki-laki maupun perempuan harus memakai baju yang senada dengan pasangan calon pengantin. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan pasangan calon pengantin dari gangguan roh jahat maupun orang yang berniat mencelakai mereka.

Yap, di zaman Romawi Kuno pasangan calon pengantin harus menempuh perjalanan jauh untuk melangsungkan pernikahan. Kehadiran bridesmaid diharapkan mampu mengecoh roh jahat maupun orang yang berniat jahat untuk menemukan pasangan pengantin yang sebenarnya.

Ilustrasi pengantin dan deretan bridesmaid. (Hannah Suh Photography)

Namun, hal itu tampaknya sudah nggak berlaku untuk saat ini. Kini, selain mengiringi pasangan calon pengantin, mereka juga bertugas untuk menemani dan membantu pasangan calon pengantin selama acara pernikahan.

Selama acara pernikahan pasangan pengantin mungkin saja merasa gugup dan membutuhkan bantuan seperti merapikan penampilan dan lain-lain. Nggak heran kalau deretan bridesmaid merupakan orang-orang terdekat dari pasangan pengantin.

Kamu sudah punya daftar calon bridesmaid untuk hari pernikahanmu kelak atau belum nih, Millens? (IB10/E04)