Aturan Fairplay Halangi Senegal Melaju ke Babak 16 Besar

Aturan Fairplay Halangi Senegal Melaju ke Babak 16 Besar
Pemain Senegal menyesali kegagalan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 (Getty Images/Dean Mouhtaropoulos)

Senegal gagal lolos ke fase gugur hanya karena mengoleksi dua kartu kuning lebih banyak dari Jepang. Ini merupakan imbas dari penerapan aturan fair play pada Piala Dunia 2018.

Inibaru.id – Meski memiliki nilai yang sama dengan jepang di grup H Piala Dunia 2018, Senegal harus rela tereliminasi dan melihat Jepang lolos ke babak 16 besar. Aturan fair play yang diterapkan FIFA pada Piala Dunia kali ini adalah penyebabnya. Senegal nggak lolos karena mendapatkan kartu kuning lebih banyak dari Jepang.

Fourfourtwo.com, Jumat (29/6/2018) menulis, Senegal dan Jepang sama-sama mendapatkan empat poin dari tiga pertandingan, memiliki selisih dan produktivitas gol yang sama, serta head to head yang sama karena pertandingan antara keduanya berakhir imbang 2-2. Sayang, Sadio Mane dan kawan-kawannya mengoleksi enam kartu kuning, lebih banyak dua lembar dari Jepang. Karena itulah, Jepang dianggap memiliki keunggulan fair play sehingga berhak untuk lolos ke babak 16 besar.

“Kami gagal lolos karena peraturan fair play. Meskipun begitu, saya bangga dengan tim dan kerja keras mereka. Senegal gagal lolos karena memang kami tidak layak. Beginilah kehidupan,” ucap pelatih Senegal Aliou Cisse.

“Regulasi sudah ditentukan sebelum Piala Dunia 2018 dimulai. Kami harus mematuhinya. Sebenarnya, kami lebih suka tereliminasi dengan cara lain, sayangnya, memang beginilah aturannya,” lanjutnya.

Cisse mengatakan dirinya nggak bisa menghalangi pemain agar nggak mendapat kartu kuning. Ini karena komitmen pemain yang menurutnya luar biasa.

“Kami bermain dengan komitmen penuh sehingga membuat kami lebih berisiko mendapatkan lebih banyak kartu kuning. Semua pemain juga sudah tahu dengan aturan ini. Saya tak tahu apakah peraturan ini dianggap kejam atau tidak, tapi saya tidak akan bisa meminta pemain untuk bertarung di lapangan tapi harus menghindari kartu kuning. Komitmen pemain yang luar biasa membuat mereka pasti akan melakukan kontak dengan pemain lain. Sayang sekali,” pungkasnya.

Kegagalan Senegal membuat seluruh wakil Afrika di Piala Dunia 2018 gagal lolos dari fase grup. Sementara itu, Jepang justru menjadi satu-satunya wakil Asia yang masuk ke babak 16 besar. Berikut adalah daftar lengkap negara yang masih melaju di Piala Dunia 2018.

Grup A: Uruguay, Rusia.

Grup B: Spanyol, Portugal.

Grup C: Prancis, Denmark.

Grup D: Kroasia, Argentina.

Grup E: Brasil, Swiss.

Grup F: Swedia, Meksiko.

Grup G: Belgia, Inggris.

Grup H: Kolombia, Jepang.

Siapa nih jagoanmu, Millens? (IB09/E04)