Isuzu Traga, Pikap Kolaborasi Indonesia dan Jepang

Sebagaimana mobil Isuzu lainnya, Traga juga memiliki mesin yang handal. Bahkan, ukuran baknya lebih luas dari pikap pada umumnya.

Isuzu Traga, Pikap Kolaborasi Indonesia dan Jepang
Traga, pikap terbaru keluaran Isuzu (Japanautomotivedaily.com)

Inibaru.id – Isuzu secara resmi merilis pikap berukuran medium bernama Traga di Indonesia. Mobil yang merupakan hasil kolaborasi Isuzu Indonesia dan Jepang ini dibanderol dengan harga Rp 190 juta On The Road Jakarta lo, Millens. Product Development Division Head Isuzu Indonesia Tonton Eko Boedianto mengatakan, pada 2014 lalu, pihak Isuzu Indonesia diundang Isuzu Jepang untuk menggarap mobil pikap. Pembicaraan inilah yang kemudian menghasilkan Isuzu Traga seperti ditulis Detik.com, Kamis (10/5/2018).

Karena modelnya disesuaikan dengan kebutuhan di Indonesia, Isuzu Traga diklaim memiliki berbagai kelebihan seperti berikut:

  1. Ukuran bak yang luas

Ukuran bak Isuzu Traga lebih luas jika dibandingkan dengan pikap kompetitor. Dengan panjang 2.810 mm dan lebar 1.620 mm, total luas dari bak mobil ini adalah 4.6 m2. Kita bisa menempatkan 60 galon air sekaligus dengan mobil ini. Jumlah itu jauh lebih banyak dibandingkan dengan mobil pikap lainnya yang hanya mampu ditempati 48 galon air.

  1. Mesin yang tangguh

Isuzu terkenal sebagai mobil bermesin tangguh. Khusus untuk Isuzu Traga, mesin yang digunakan adalah engine 4JA1.L, 2.500 cc. Nggak hanya kuat, handal, dan bandel, mesin ini juga irit BBM, lo. Mesin Isuzu Traga juga mampu menghasilkan torsi maksimum 19.5 Kgm dan tenaga 80 ps. Biaya perawatan mesin ini juga rendah karena memakai timing gear.

  1. Kabin yang modern

Kabin Isuzu Traga didesain sedemikian rupa agar nyaman untuk dikendarai jarak jauh ataupun jarak dekat. Desain kabin yang modern dilengkapi dengan sistem audio yang baik, digital analog cluster, dan blower.

  1. Faktor keamanan

Ban yang dipakai Isuzu Traga lebih besar dengan ukuran 195 R14 – 8PR. Kemampuan pengeremannya jauh lebih baik dan aman untuk dipakai di jalanan menanjak ataupun di jalanan yang rata.

  1. Turning radius rendah

Turning radius yang digunakan Isuzu Traga 4,5 m membuatnya lebih mudah bergerak di jalanan yang sempit.

  1. Jaminan ketersediaan suku cadang

Sekitar 68 persen komponen yang dipakai Isuzu Traga juga dipakai di mobil-mobil Isuzu lainnya sehingga suku cadangnya bisa dipastikan mudah untuk didapatkan. Banyak mekanik di Indonesia yang juga sudah akrab dengan mesin 4JA1.L sehingga kita tidak perlu khawatir jika mobil ini mengalami kerusakan.

Wah, boleh juga nih, Millens. Bagi kamu yang sedang mengembangkan usaha penyediaan barang atau properti, mobil ini sepertinya cocok buatmu. (IB09/E04)