Istilah Gelar Akademis dalam Perkuliahan Selain Cumlaude

Istilah Gelar Akademis dalam Perkuliahan Selain Cumlaude
Kebahagiaan terpancar di hari wisuda. (studentac.org)

Kamu pasti nggak asing dengan istilah cumlaude dalam jenjang perguruan tinggi. Lalu apa sih arti dari cumlaude sendiri? Sekain cumlaude ada nggak sih istilah lain?

Inibaru.id – Cumlaude merupakan istilah yang nggak asing di telinga. Apalagi buat para mahasiswa. Nah, prasyarat gelar ini berdasarkan pada sistem yang telah ada di Amerika Serikat ya. Jadi tiap negara dan universitas itu memiliki istilah tersendiri.

Penasaran nggak sih dengan berbagai macam istilah gelar akademis di bangku kuliah selain cumlaude? Yuk simak macam-macam gelar akademis berikut!

Cum Laude

Istilah yang nggak asing buat para wisudawan ini memiliki arti ‘dengan pujian’. Gelar ini diberikan kepada kamu yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3,4-3,59 dengan jangka waktu kurang dari 9 semester.

Magna Cum Laude

Gelar ini pada tingkatan setelah cum laud yang memiliki arti ‘dengan kehormatan besar’. Biasanya diberikan kepada kamu yang memiliki IPK 3,6 hingga 3,79.

Summa Cum Laude

Ini adalah gelar yang lebih tinggi dari kedua gelar sebelumnya. Artinya yaitu ‘dengan kehormatan tertinggi’. Gelar ini diberikan kepada wisudawan dengan IPK 3,8 ke atas.

Egregia Cum Laude

Mungkin gelar ini masih asing di telinga kamu. Egregia Cum Laude ini diberikan untuk mengapresiasi lulusan yang memiliki nilai rata-rata dalam prasyarat gelar Summa Cum Laude namun didapatkan saat mengikuti kurikulum tertentu. Sebab itu diberi arti ‘dengan kehormatan luar biasa’.

Maxima Cum Laude

Nah, dari kata pertama pasti sudah dapat ditebak kalo ini adalah gelar yang diberikan kepada kamu pemeroleh nilai sempurna. Yang berarti ‘dengan kehormatan sangat besar’ ini hanya mampu didapatkan oleh mahasiswa yang memiliki IPK 4,00.

Nah, buat kamu yang pengen dapat gelar itu teruslah berusaha dan nggak boleh kenal lelah. Kamu harus bermusuhan dengan lelah ya haha. Eits, nanti kalo udah dapat gelar itu jangan besar kepala ya.  (IB30/E05)