Istilah Crosshijaber Mencuat, Apa sih Artinya?

Istilah crosshijaber mulai mencuat akhir-akhir ini. Apa sih crosshijaber itu?

Istilah <em>Crosshijaber</em> Mencuat, Apa sih Artinya?
Pengertian crosshijaber. (Shutterstock)

Inibaru.id – Belakangan ini, media sosial tengah dihebohkan dengan adanya komunitas crosshijaber. Perkumpulan ini diduga berisi para lelaki yang gemar berpenampilan bak perempuan muslin yang mengenakan jilbab syar'i lengkap dengan cadarnya. Komunitas ini pun membuat sebuah akun di Instagram yang kemudian menyedot perhatian warganet.

Akun dengan nama tersebut diikuti sebanyak 1.023 orang. Namun, saat ini akun tersebut sudah nggak bisa ditemukan di Instagram.

Sebelum mencuat ke publik, akun tersebut buka-bukaan tentang penampilan para crosshijaber saat menggunakan jilbab dan cadar. Nggak hanya satu orang, foto yang diunggah di akun tersebut berasal dari beberapa orang dengan model hijab yang berbeda-beda. Bahkan, setiap unggahannya selalu ditandai dengan tagar #crosshijaber meskipun saat ini sudah banyak yang dihapus.

Para crosshijaber itu juga terlihat berani tampil di muka publik dengan penampilan demikian. Beberapa di antaranya malah sampai berani memasuki fasilitas publik yang diperuntukkan bagi perempuan. Mereka juga nggak ragu untuk berada di masjid dan menyusup ke bagian saf salat perempuan.

Hal ini tentu saja meresahkan kaum hawa. Banyak yang khawatir bila para crosshijaber itu melanggar batasan-batasan penggunaan fasilitas umum seperti toilet atau tempat wudu.

“Jadi ngeri sih kalau ke toilet. Karena bisa jadi mereka ada. Takutnya mereka penjahat kelamin,” ujar salah seorang karyawan swasta di Menteng, seperti dikutip laman Liputan6, Senin (14/10/2019).

Bila ditilik dari sejarah, crosshijaber merupakan bentuk lain dari crossdressing yang sudah ada sejak zaman dulu. Pada umumnya, lelaki yang menjadi pelaku dalam crossdressing ini. Para lelaki itu suka mengenakan dress dan tampil menggunakan mekap (make up). Pelaku crossdressing ini sudah sering dijumpai baik di luar negeri maupun di Indonesia.

Hm, bagaimana pendapatmu mengenai crosshijaber ini, Millens? (IB24/E04)