Iriana Widodo, Cuitanmu Merdu!

Spesies burung baru ditemukan di Indonesia. Burung itu diberi nama sama dengan Iriana Jokowi. Kenapa?

Iriana Widodo, Cuitanmu Merdu!
Myzomela irianawidodoae. (Victorynews.id)

Inibaru.id – Spesies burung baru ditemukan di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, pada 30 Oktober 2017. Burung ini dianggap unik karena mempunyai nama seperti Ibu Negara, Iriana Widodo. Burung baru ini diberi nama Myzomela irianawidodoae.

Kompas.com , Selasa (9/1/2018), menuliskan Dwie Irmawaty Gultom dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengungkapkan, penyertaan nama Iriana Widodo ini merupakan bentuk penghargaan untuk Ibu Negara. Hal itu lantaran beliau sangat memperhatikan kehidupan burung.

Baca juga:
Tagar “JKDAY” Mendunia Berkat ARMY
Ganjar-Yasin Diantar Delman Daftar Pilgub Jateng

Myzomela irianawidodoae ditemukan oleh Dewi M Prawiradilaga. Peneliti LIPI itu mengatakan, burung ini memiliki berat sekitar 32,23 gram dengan panjang tubuh 118 milimeter. Paruhnya yang berwarna hitam memiliki panjang 17,94 milimeter dengan warna mata cokelat gelap.

Kepala hingga dada atas dan tengkuk burung tersebut berwarna merah darah, sedangkan punggung atas dan ekornya berwarna hitam. Adapun pada pertengahan punggung sampai tunggirnya berwarna merah dan sayapnya berwarna hitam bercampur abu-abu gelap.

Burung ini dapat kamu temukan di hutan, semak-semak, dan pohon berbunga. Ia juga sering terlihat memakan nektar pada bunga pohon jati.

Baca juga:
Ganjar-Yasin Resmi Daftar ke KPUD Jateng
Google Rayakan 25 Tahun Rafflesia Arnoldi

Spesies baru itu mempunyai perbedaan antara jantan dan betina. Burung jantan memiliki warna yang lebih mencolok daripada burung betina. Saat terbang, burung jantan juga sering mengeluarkan suara yang merdu.

Burung ini termasuk burung yang dilindungi. Hal itu tercatat dalam Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999 dan UU No. 5 Tahun 1999 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem. (TS/GIL)