Irfan Hakim Sudah Siapkan Kain Kafan dan Tanah Makam Untuk Dirinya

Irfan Hakim Sudah Siapkan Kain Kafan dan Tanah Makam Untuk Dirinya
Irfan Hakim siapkan tanah makam untuk dirinya kelak. (Instagram/@irfanhakim75)

Meski belum meninggal, Irfan Hakim sudah mempersiapkan hal-hal terkait dengan kematiannya seperti kain kafan, tutup keranda, hingga lahan pemakaman. Apa alasannya?

Inibaru.id - Sampai sekarang, nggak ada orang atau peralatan yang bisa memprediksi kematian seseorang. Meski begitu, kedatangannya adalah hal yang pasti. Hal inilah yang juga diyakini oleh selebritis Irfan Hakim.

Kepastian akan hari kematian membuat sebagian orang memilih untuk bersiap. Nggak hanya bekal amal, tapi juga untuk hal-hal teknis seperti tempat penguburan. Pria yang dikenal sebagai presenter kondang ini mengaku sudah mempersiapkan kain kafan hingga tanah permakaman. Nggak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga keluarga.

"Gue sampai sekarang sudah menyiapkan kain kafan, nyiapin lahan buat permakaman saya dan keluarga, terus tutup keranda," kata Irfan pada Selasa (14/4/2020).

Irfan Hakim dan keluarga. (Instagram/@irfanhakim75)<br>
Irfan Hakim dan keluarga. (Instagram/@irfanhakim75)

Dia mengungkap hal ini saat menjadi bintang tamu di acara televisi Rumpi yang dipandu oleh Feni Rose. Saat itu, Irfan menjelaskan tentang alasan mengapa dia sudah mempersiapkan permakamannya. Ternyata hal ini disebabkan oleh pengalamannya kehilangan makam keluarga yang nggak diurus iurannya.

"Jadi karena kakak ipar ada yang meninggal, adik aku juga ada yang meninggal. Makamnya hilang karena kita enggak perpanjang pajaknya dan lain-lain. Lagian kan makam kita cuma pakai kayu doang, nggak pakai nama, tembok dan lain-lain. Akhirnya aku mikir, ya sudah deh, dibikin aja makam keluarga," ceritanya.

Ayah lima anak ini nggak ingin pengalaman tersebut terulang kembali. Irfan pun menyiapkan lahan yang cukup luas untuk lokasi permakaman dia dan keluarga di daerah Muncang, Sumedang, Jawa Barat.

Ketika menjalani ibadah umrah beberapa waktu yang lalu, Irfan juga telah membeli tutup keranda khusus dengan warna hitam dengan sentuhan emas. Keranda ini berbeda dengan keranda pada umumnya yang berwarna hijau dan dihiasi dengan tulisan arab berwarna kuning. Sambil bergurau, Irfan mengaku ingin proses pemakamannya nanti mewah.

"Gue belinya tutup keranda. Gue pengin glamor dong. Jadi cari yang hitam dari beludru terus itunya benang emas. Jadi, entar tetap sombong," tuturnya.

Irfan nggak pengin pengalaman makam hilang terulang. (Kumparan/Munady Widjaja)<br>
Irfan nggak pengin pengalaman makam hilang terulang. (Kumparan/Munady Widjaja)

Laki-laki berusia 44 tahun tersebut menganggap tindakannya mempersiapkan segala keperluan untuk kematian sebagai sesuatu yang tidak salah. Baginya, daripada kematiannya merepotkan orang lain nantinya, lebih baik disiapkan mulai dari sekarang.

"Kita di dunia ini, ya harus dipersiapkan. Salah satunya adalah untuk kematian kita. Gue nggak mau merepotkan orang. Kan meninggal itu dadakan kan, jadi gue enggak mau merepotkan yang gue tinggalin," pungkasnya.

Kalau kamu berminat menyiapkan berbagai hal untuk pemakaman juga nggak nih, Millens? (Kum/MG26/E07)