Catatan 2017: iPhone X, Gawai Paling Ditunggu Tahun Ini

Peluncuran iPhone X menyedot perhatian masyarakat pada tahun 2017. Beragam cara dilakukan untuk mendapatkan gadget kelas menengah ke atas ini. Gimana ya kisahnya?

Catatan 2017: iPhone X, Gawai Paling Ditunggu Tahun Ini
Wujud iPhone X varian 256 Gb warna Space Grey. (Apple.com)

Inibaru.id - Banyak gawai baru yang diluncurkan pada 2017 ini. Namun, peluncuran iPhone X menjadi yang paling heboh. Ini terlihat dari antrean panjang yang dilakukan orang-orang untuk mendapatkan ponsel besutan Apple Inc. itu. Bahkan, nggak sedikit "Apple Fanboy" (penggemar Apple) yang rela menginap di depan toko resmi Apple untuk mendapatkan gawai canggih ini.

Salah seorang di antaranya adalah Mazen Kourouche dan kawan-kawannya di Sydney, Australia. Mazen menginap di depan Apple Store Sydney sejak 11 September lalu. Padahal, iPhone X baru akan dijual secara resmi di Australia pada 22 September. Hmm!

“Kami punya tenda dan sleeping bag. Kami juga akan bejaga bergantian,” ujar Mazen seperti ditulis Kompas.com (12/9/2017).

Hal serupa juga dilakukan Jonny dan rombongannya di Singapura. Dia dan sembilan temannya menginap di bawah logo Apple di Apple Store di Orchad Road, Singapura. Dia menginap sejak 29 Oktober hingga rilis resmi iPhone X di Singapura pada 3 November.

Yang menggelikan, mereka terpaksa bergantian untuk sekadar membeli makan. Salah seorang dari mereka harus tetap menjaga spot antrean agar nggak ditempati orang lain. Hal serupa juga mereka lakukan jika mau mandi. Mereka mandi di semacam restroom yang disediakan Apple Store Orchad Road.

Mengupah Orang

Saking banyak dan lamanya antrean, beberapa orang memilih mengupah orang lain untuk melakukannya. Upah yang diberikan juga nggak tanggung-tanggung. Untuk semalam, pengantre bayaran diberi 100 dolar Singapura atau sekitar Rp 1 juta, seperti dilansir Kumparan.com (3/11).

Adapun iPhone X baru resmi diluncurkan di Indonesia pada 22 Desember kemarin. Di sini, antrean juga masih mengular. Seorang pengantre, Fadli, bahkan memilih menyusup lewat pintu pegawai di Central Park Jakarta agar bisa menjadi pembeli pertama. Namun, alih-alih membeli Apple seri terbaru, yakni iPhone X, dia malah memilih iPhone 8 Plus berwarna hitam yang juga rilis hari itu.

Selain iPhone X, Apple juga meluncurkan dua seri lain, yakni iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Kompas.com (22/12) menulis, pembeli iPhone X perdana di Indonesia jatuh ke tangan Hari. Kisah ini kian dramatis lantaran pria paruh baya itu membeli ponsel pintar tersebut bukan untuk dirinya, melainkan sebagai kado Natal untuk seseorang yang spesial bagi dia. Aauh, co cuwiit!

Sebagai ponsel kelas high-end, harga iPhone yang fantastis ternyata nggak menyurutkan perjuangan para fan Apple lo, Millens. Berapa harganya? Untuk mendapatkan iPhone X varian 256 GB di Indonesia, kamu kudu merogoh kocek sebesar Rp 21 jutaan, sementara varian 64 GB sekitar Rp 18 jutaan. OMG!

Ya, memang sih, iPhone adalah primadonanya ponsel pintar. Apple memang menyasar kelas menengah ke atas untuk produk-produknya. Namun, ada juga kok kalangan menengah ke bawah yang beli. Goal-nya sih semacam gengsi saja kalau pakai ponsel berlogo buah apel dengan bekas gigitan ini.

Hm, tahun ini memang tahunnya Apple ya, Millens. But, what's next? Prediksi Tim Inibaru.id sih perusahaan yang didirikan Steeve Jobs itu bakal masih terlihat kinclong. Mungkin bakal ada iPhone Xs, iPhone 8s, atau iPhone 8s Plus yang lebih "sempurna". Siapa tahu?

Menurut Kompas.com, Selasa (26/12), Samsung juga dikabarkan bakal merilis Galaxy S9 dan Galaxy Note 9. Laik ditunggu nih. Nabung, nabung! Ha-ha. (IF/GIL)