Intip Lima Fakta Menarik Jelang Sidang Putusan MK

Intip Lima Fakta Menarik Jelang Sidang Putusan MK
Fakta di balik sidang putusan MK. (Republika)

Sidang sangketa hasil Pilpres 2019 bakal diputuskan Kamis (27/6/2019) siang ini. Menjelang pembacaan putusan, intip dulu yuk fakta menarik sidang tersebut.

Inibaru.id – Sidang putusan sengketa Pilpres 2019 bakal digelar Kamis (27/6/2019) siang. Dalam sidang tersebut akan diketahui hasil akhir atas gugatan yang dilayangkan tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Nah, sembari menunggu sidang putusan itu, yuk simak fakta menarik di baliknya!

Prabowo-Sandi Absen

Juru bicara BPN Andre Rosiade memastikan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 nggak akan hadir pada sidang putusan di Mahkamah Konstitusi. Namun, Prabowo akan menyaksikan hasil putusan MK di kediamanannya di Kertanegara.

Koalisi Adil Makmur Gelar Pertemuan Usai Putusan MK

Setelah sidang putusan ini, Prabowo akan bertemu dengan pimpinan partai dari Koalisi Adil Makmur serta para pendukung untuk membahas masa depan koalisi. Pertemuan tersebut bertujuan untuk menyolidkan koalisi dan memutuskan langkah-langkah yang akan diambil.

Diumumkan Lebih Cepat

Sidang putusan MK sedianya bakal digelar pada Jumat (28/6/2019). Namun, pembacaannya bisa dipercepat pada Kamis (27/6). 

Pertemuan Jokowi-Prabowo Pasca Putusan

Usai putusan dibacakan, Istana Kepresidenan memastikan Jokowi segera menemui Prabowo. Kendati demikian, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko belum mengetahui secara pasti kapan pertemuan digelar.

Dijaga Puluhan Ribu Polisi

Sebanyak 47.000 personel gabungan yang terdiri atas 17.000 personel TNI dan 28.000 personel Polri, serta anggota pemerintah daerah sebanyak 2.000 diturunkan untuk melakukan pengamanan sidang putusan MK.

Sejumlah 13 ribu personel akan disiagakan di Gedung MK. Sementara lainnya disebar di Istana Kepresidenan, Kantor KPU, Bawaslu, dan beberapa kedutaan.

Semoga sidangnya berjalan dengan lancar dan damai ya, Millens. (MG22/E04)