Kini, Orang Tua Lebih Mudah Kontrol Instagram Anak

Kini, Orang Tua Lebih Mudah Kontrol Instagram Anak
Panduan Instagram orang tua untuk mengontrol anak saat bermain Instagram. (Kinderling)

Akhirnya, Instagram secara resmi luncurkan fitur panduan untuk orangtua. Berikut penjelasannya.

Inibaru.id – Instagram resmi meluncurkan Panduan Instagram untuk orang tua dalam bahasa Indonesia pada Rabu (26/9/2019) di Jakarta. Panduan ini merupakan kerja sama Instagram dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) serta @ParenTalk.id.

Kepala Komunikasi Instagram Asia Pasifik, Ching Yee Wong menerangkan pihaknya memahami betul tantangan yang dialami para orang tua dalam membesarkan anak-anaknya pada era digital saat ini.

"Instagram terus berusaha meluncurkan beragam sumber informasi dan fitur yang berguna untuk memastikan supaya para pengguna di Indonesia bisa menggunakan platform kami dengan aman," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Dalam panduan tersebut, para orang tua diberi informasi tentang fitur apa saja yang bisa digunakan untuk menjaga keamanan anak-anak mereka saat mengakses aplikasi berbagi foto dan video itu. Berikut beberapa fitur keamanan yang bisa dimanfaatkan orang tua untuk mengontrol Instagram anaknya.

Fitur Pengaturan Privasi

Fitur ini terdiri atas dua opsi yakni Privasi Akun dan Blokir. Opsi Privasi Akun dapat digunakan untuk menentukan siapa yang boleh dan nggak boleh melihat unggahan serta berinteraksi dengan akun pengguna. Sementara itu, opsi Blokir digunakan untuk memblokir akun-akun yang dirasa nggak pantas atau nggak perlu diajak berinteraksi.

Fitur Pengaturan Interaksi

Ada dua opsi dalam fitur tersebut di antaranya Kontrol Komentar dan Filter Komentar. Opsi Kontrol Komentar bisa membantu menentukan siapa saja yang dapat mengomentari unggahan si pengguna pada akun Instagram. Nah, Filter Komentar berfungsi untuk menyaring kata-kata yang bisa atau nggak bisa ditampilkan di kolom komentar akun Instagram pengguna seperti yang ditulis laman Kompas Tekno, Jumat (27/9).

Fitur Pengaturan Waktu

Terkadang saat brmain Instagram, anak-anak nggak kenal waktu. Mereka bisa bermain hingga berjam-jam. Karena itu, dibuatlah fitur pengaturan waktu agar orang tua bisa membatasi waktu bermain Instagram si anak.

Ada dua opsi dalam fitur ini di antaranya Dashboard atau Aktivitas Anda, yakni fitur informasi mengenai waktu yang telah pengguna habiskan di Instagram. Ada juga opsi Setel Pengingat Harian yang bisa menyetel batas waktu yang dialokasikan untuk menggunakan Instagram tiap hari.

Dengan fitur-fitur itu, orang tua bisa meminimalisasi dampak negatif yang diterima anak dari media sosial. Wah, fitur-fitur ini mesti digunakan secara tepat ya, Millens. (IB24/E04)