inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Inovasi Unik Anak Muda Klaten Atasi Susah Sinyal; Internet Koin
Senin, 4 Jul 2022 15:44
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Internet koin di Klaten untuk mengatasi masalah susah sinyal. (Betanews)

Internet koin di Klaten untuk mengatasi masalah susah sinyal. (Betanews)

Seorang anak muda Klaten memasang kotak internet koin di depan rumahnya untuk mengatasi masalah susah sinyal. Seperti apa ya inovasi unik ini?

Inibaru.id – Soufi Assegaf jengah dengan susahnya warga desa tempat tinggalnya mendapatkan akses internet. Anak muda berusia 25 tahun ini pun memutuskan untuk membuat fasilitas internet koin. Dengan alat ini, warga bisa memakai internet selama 30 menit hanya dengan tarif Rp 500!

Bentuk internet koin ini mirip dengan kotak telepon umum yang dulu bisa kamu temukan di pinggir jalan. Letaknya di pagar rumah Soufi yang berlokasi di Dukuh Salak RT 2 RW 11, Desa Kurung, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Persis di atas kotak internet koin tersebut, ada atap kecil yang membuatnya aman dari guyuran hujan.

Ide internet koin ini muncul pada awal 2022. Kala itu, dia hanya pengin membantu anak-anak yang melakukan pembelajaran jarak jauh alias sekolah daring. Dia mendapatkan barang ini lengkap dengan tutorial cara pemasangannya di internet.

“Jadi browsing dulu di internet dan cari tutorial di YouTube. Setelah banyak referensi dan dihitung-hitung biayanya, akhirnya saya beli alatnya secara online dari Bali. Saya beli itu Rp 3 juta lebih,” jelas Soufi, Selasa (28/6/2022).

Kotak internet koin ini berukuran 40 x 30 sentimeter dan setebal 25 sentimeter. Cara kerjanya persis seperti box telepon umum zaman dahulu karena dilengkapi dengan koin aseptor. Jadi, usai menyambungkan ponsel ke jaringan wifi dan pada laman browser muncul permintaan login, kamu tinggal memasukkan koin. Setelah itu, tinggal dipencet mesinnya dan gawai kamu pun sudah tersambung dengan internet.

Cara kerja internet koin mirip dengan kotak telepon umum zaman dahulu. (Betanews)
Cara kerja internet koin mirip dengan kotak telepon umum zaman dahulu. (Betanews)

Tapi, nggak sembarang uang koin bisa dipakai untuk mengaktifkan internet. Kamu harus memakai Rp 500 dengan warna perak. Internet dengan kecepatan 3 mbps ini bisa dijangkau selama 30 menit sampai radius 200 meter dari kotak.

Setiap harinya, setidaknya ada 20 orang yang memakai internet koin. Saat Sabtu malam atau malam sebelum hari libur, yang memakai bahkan bisa melebihi 30 orang. Kebanyakan pemakainya adalah siswa sekolah untuk mengerjakan tugas. Tapi, ada juga yang memakainya berjam-jam lamanya untuk mendapatkan hiburan.

“Pernah ada yang memakai sampai 5 jam,” jelas

Setiap bulan, Soufi membeli kuota paket data 50 GB seharga Rp 150 ribu. Soal keuntungan dari ‘bisnis’ internet koin ini, ternyata dia hanya mendapatkan Rp 200 ribu per bulan. Dia sengaja nggak mengambil banyak keuntungan karena niatannya untuk membantu warga dan anak-anak sekitar.

“Tetangga mendukung, malah ada yang minta jaraknya diperluas lagi,” pungkas Soufi.

Menarik juga ya ide internet koin dari anak muda Klaten ini, Millens? (Bet/IB09/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved