Inilah Warga Negara yang Sering Bikin Kesal Pramugari di Pesawat, Indonesia Juga?

Inilah Warga Negara yang Sering Bikin Kesal Pramugari di Pesawat, Indonesia Juga?
Penumpang pesawat dari sejumlah negara ternyata sering bikin kesal pramugari. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Pramugari dari Indonesia yang bernama Tiana Rabasco menceritakan pengalamannya selama jadi pramugari. Ada penumpang dari warga negara tertentu yang ternyata sering bikin kesal pramugari. Apakah warga negara Indonesia juga?

Inibaru.id - Selain bepergian ke banyak tempat, pramugari juga bertemu dengan penumpang pesawat dari berbagai negara. Apalagi jika mereka adalah pramugari maskapai internasional. Hanya, kamu tahu nggak ada sejumlah warga negara tertentu yang dianggap sering bikin kesal pramugari saat di dalam pesawat?

Salah seorang pramugari dari Indonesia bernama Tiana Rabasco cerita banyak soal pengalamannya jadi pramugari di situs tanya jawab Quora pada Senin (15/2/2021). Di situs itu, Tiana membeberkan penumpang dari warga negara mana saja yang sering bikin dia dan rekan-rekannya kesal.

Nah, kira-kira penumpang dari negara mana saja ya yang sering bikin kesal para pramugari?

India, Pakistan, dan Bangladesh

Tiana punya pengalaman bekerja di maskapai yang melayani penerbangan hingga ke Timur Tengah. Menariknya, dia menyebut orang-orang yang berasal dari India, Pakistan, dan Bangladesh memiliki sifat kurang baik. Menurut Tiana, banyak orang-orang dari negara ini yang congkak dan bertindak semena-mena terhadap para pramugari.

“Hampir setiap 5 menit mereka akan memanggil pramugari dan minta minum, padahal sebenarnya mereka nggak haus. Tapi karena mereka tahu kalau itu gratis jadi mereka nggak akan berhenti minta sampai landing,” kata Tiana.

Gara-gara hal ini juga, banyak pramugari yang sudah nggak mood saat tahu ada banyak penumpang dari negara-negara tersebut ada di dalam pesawat tempat mereka bekerja.

Ilustrasi - Pramugari dari Indonesia ungkapkan suka-dukanya saat menjadi pramuigari di Quora. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Ilustrasi - Pramugari dari Indonesia ungkapkan suka-dukanya saat menjadi pramuigari di Quora. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Bahkan, orang-orang ini sering berperilaku lebih menyebalkan kalau punya paspor Inggris. Paspor itu sampai dipamerkan ke awak kabin. Menurut Tiana, mereka pikir paspor ini menunjukkan bahwa mereka adalah orang-orang istimewa.

“Temanku sampai bilang gini karena ada yang minta toilet khusus. ‘Maaf apapun kewarganegaraanmu, toiletnya tetap sama’. Sekali lagi, saya tidak bermaksud rasis, tapi faktanya memang begitu,” ungkap Tiana.

Penumpang dari Negara-negara Arab

Nggak hanya warga negara dari kawasan Asia Selatan, penumpang dari sejumlah negara Arab juga sering dianggap sebagai public enemy bagi pramugari. Mereka menganggap penumpang-penumpag dari negara ini sulit diberitahu.

“Paling susah nyuruh mereka pake seatbelt, menegakkan kursi, melipat meja apalagi membuka jendela saat menjelang take off. Mereka bebal dan nggak mau nurut padahal itu semua demi keselamatan mereka sendiri," ketus Tiana.

Orang Indonesia juga songong di kabin, tapi beraninya cuma sama pramugari lokal. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Orang Indonesia juga songong di kabin, tapi beraninya cuma sama pramugari lokal. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Penumpang Indonesia

Sayangnya, penumpang dari Indonesia ternyata juga sering bikin sebal para pramugari, lo. Apalagi jika para pramugari ini adalah bule. Ulahnya terkadang benar-benar bikin jengah.

“Tapi kalo ke pramugari Indonesia. Hmm langsung keluar jiwa songongnya. Pernah waktu baru landing ada ibu-ibu yang nyamperin aku, karena dia tau kalo aku orang Indo. Dia datang dengan wajah masam dan nyuruh aku dengan nada ketus ‘itu dibelakang ada yang butuh kursi roda, bawakan!’."

Memang, nggak semua penumpang dari negara-negara tersebut selalu bikin kesal pramugari. Mereka hanyalah oknum yang memang menyebalkan. Kalau kamu naik pesawat, pastikan menghargai para pramugari dan awak kabin lainnya, ya, Millens? (Oke/IB28/E07)