Inilah Waktu Terbaik Membersihkan Muka

Alih-alih mencuci muka sebelum tidur, waktu yang tepat untuk mencuci muka ternyata lebih awal dari jam tidur. Berikut alasannya.

Inilah Waktu Terbaik Membersihkan Muka
Mencuci muka. (food.ndtv.com)

Inibaru.id – Menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah dapat dilakukan dengan cara mencuci muka. Cara ini dianggap bisa menghilangkan kotoran yang menempel di wajah, sekaligus memberikan kesegaran di muka.

Normalnya, orang mencuci wajah sebanyak dua kali sehari saat mandi pagi dan sore. Namun, ada juga orang mencuci wajahya di pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Nah, ternyata kebiasaan tersebut kembali diperjelas oleh dua orang dermatologis, Joshua Zeichner (asisten profesor di departemen dermatologi Mount Sinar Medical Center New York) dan Jason Emer (doktor kulit, kosmetik, dan bedah estetika di Beverly Hills). Mereka menyatakan setuju bahwa dua kali adalah jumlah yang tepat untuk mencuci muka.

"Kebanyakan dermatologis merekomendasikan untuk cuci muka dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali sebelum tidur," kata Zeichner, seperti ditulis Cnnindonesia.com, Selasa (23/2/2016).

Alih-alih mencuci muka sebelum tidur, waktu terbaik untuk mencuci muka ternyata harus lebih awal. Kenapa ya?

Dikutip dari laman Purewow.com, Selasa (12/2/2019), sama seperti tubuh, sel-sel kulit juga mengikuti ritme sirkadian (jam internal). Inilah mengapa mekanisme peraikan alami kulit mulai terjadi ketike menjelang malam hari, yakni saat sel-sel kulit induk bekerja keras menciptakan sel-sel baru untuk menggantikan yang lama.

Rutinitas pembersihan yang dilakukan lebih awal akan menjaga jam internal kulitmu supaya bekerja lebih selaras. Ini akan mempertahankan ritme sirkadian kulit dan melindunginya dari kerusakan dan tanda-tanda penuaan. Kalau kamu memakai produk-produk skin care, produk tersebut akan bekerja lebih maksimal karena kulitmu sedang rileks sehingga mudah menyerap zat aktif seperti serum.

Membersihkan wajah di waktu yang lebih awal juga akan mencegah dirimu dari kemalasan dan alasan lelah karena sudah mengantuk.(IB07/E05)