Subtitle Film atau Video, Penting Nggak Sih?

Subtitle Film atau Video, Penting Nggak Sih?
Ilustrasi menonton film dengan subtitle. (Inibaru.id/Hestika Patmawati)

Saat ini, sudah banyak film atau video blog yang menyertakan subtitle. Seberapa penting sih pencantuman subtitle itu?

Inibaru.id – Begitu banyak film yang diproduksi tiap tahunnya. Video maupun video blog (vlog) pun nggak kalah banyak diproduksi para content creator. Namun, banyak juga di antara film atau video itu nggak bisa dinikmati secara maksimal karena kendala bahasa alias nggak tersedianya subtitle.

Yap, peran subtitle dalam hal ini memang penting. Bagi orang yang pengin menonton video berbahasa asing tapi kemampuannya berbahasa asing kurang mumpuni, subtitle terjemahan bisa jadi solusi.

Selain itu, subtitle juga penting bagi teman tuli. Dengan subtitle, mereka tetap bisa mengetahui isi film atau video. Untuk hal ini, nggak hanya subtitle terjemahan, subtitle bahasa Indonesia juga tetap diperlukan.

Selain itu, subtitle juga memiliki manfaat untuk membantumu belajar bahasa asing. Loh kok bisa? Tentu saja bisa. Kalau kamu pengin meningkatkan kemampuan berbahasa asing, kamu bisa menonton film atau video dengan subtitle asli bahasa tersebut. Sambil menonton film, kamu bisa mencatat kosakata yang asing dan mengecek setelahnya. Kamu juga bisa belajar cara pelafalan yang benar dari cara pemeran melafalkan dialog.

Oh iya, subtitle juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara melatih kecepatan membaca, lo. Subtitle akan muncul sesuai dengan kecepatan penuturan pemeran. Jadi, secara nggak langsung kecepatan membacamu semakin terlatih.

Memang agak ribet sih, tapi subtitle dalam film atau video punya banyak manfaat, Millens. Nah, bagi kamu para content creator, jangan lupa sisipkan subtitle pada video atau filmmu ya. (IB13/E04)