Kelelahan Bisa Disebabkan Faktor-Faktor Berikut

Kelelahan Bisa Disebabkan Faktor-Faktor Berikut
Ilustrasi kelelahan. (Hellosehat)

Kelelahan adalah hal yang wajar dialami setiap orang. Nggak karena aktivitas yang paat, kelelhan juga bisa disebabkan hal-hal berikut.

Inibaru.id – Kelelahan seringkali disebabkan karena aktivitas yang terlalu padat sedangkan waktu istirahat nggak mencukupi. Padahal, kelelahan juga dapat dipicu kondisi psikologis hingga gaya hidup yang nggak benar, lo. Pola makan yang buruk juga bisa menyebabkan kelelahan.

Berikut beberapa hal yang bisa mengakibatkan kelelahan berlebih.

Terlalu Banyak Aktivitas

Aktivitas yang terlalu padat paling sering ditengarai sebagai penyebab kelelahan. Lelah bisa muncul ketika kamu memiliki banyak aktivitas yang harus dikerjakan dalam beberapa hari secara non-stop. Kalau aktivitasmu padat, coba deh sempatkan untuk beristirahat meski sekejap.

Stres Pikiran

Dilansir dari laman Alodokter (21/8/2017), peneliti menemukan sekitar 50-80 persen penyebab kelelahan adalah faktor psikologis. Inilah yang menyebabkan seseorang mengalami stres sehingga dirinya menjadi cepat lelah meski hanya sedikit beraktivitas. Mengerjakan terlalu banyak hal yang diminta orang lain juga merupakan sumber stres. Selain itu, stres juga dapat muncul dari konflik di sekitar yang membebani pikiran dan membuatmu lekas lelah.

Pola Makan yang Buruk

Mau bagaimana pun, manusia pasti membutuhkan makanan sebagai sumber energi tubuh. Ini sebabnya seseorang akan rentan sakit bila dia nggak peduli dengan asupan makanan yang dikonsumsinya. Mengatur waktu makan juga hal yang penting dan nggak boleh telat.

Selain itu, kelelahan juga bisa terjadi saat tubuh dehidrasi karena kekurangan minum. Sering memakan makanan cepat saji seperti burger, makanan kemasan, permen, dan segala makanan yang mengandung pengawet dan garam juga akan memperlambat kinerja tubuh sehingga cepat lelah.

Eits, kelebihan makan juga nggak disarankan ya Millens. Sebab, kelebihan berat badan akan membebani jantungmu sehingga membuat tubuh lebih mudah lelah.

Kurang Tidur

Kurang beristirahat atau tidur merupakan salah satu penyebab utama kelelahan. Seseorang biasanya mengabaikan jam tidur karena pekerjaan yang masih menumpuk. Ya, istilah pantang tidur sebelum sukses rupanya masih banyak diikuti. Padahal, tidur adalah hal penting untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan segar.

Faktor Penyakit

Kelelahan bisa saja terjadi karena adanya gejala penyakit serius seperti anemia, diabetes, penyakit jantung, gangguan tiroid, dan apnea tidur. Bila rasa lelah muncul secara nggak wajar bahkan sampai membuat pingsan, ada baiknya segera periksakan kondisi kesehatanmu ke dokter.

Jangan anggap sepele kelelahan ya, Millens. Kalau lelah, istirahatlah. (IB07/E04)