BI Jawa Tengah Ajak Siswa SMAN 3 Semarang Jaga Stabilitas Moneter

BI Jawa Tengah Ajak Siswa SMAN 3 Semarang Jaga Stabilitas Moneter
Kegiatan BI mengajar di SMA N 3 Semarang. (Antara Foto/Rekotomo)

Untuk menjaga stabilitas moneter, peran masyarakat sangat dibutuhkan. Untuk itu, Bank Indonesia Jawa Tengah berusaha mengedukasi masyarakat khususnya siswa lewat Pekan BI Mengajar yang diadakan di SMAN 3 Semarang.

Inibaru.id – Beberapa bulan belakangan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus melemah. Pelemahan tersebut adalah imbas dari penguatan mata uang AS terhadap hampir semua mata uang dunia (broad based). Untuk itu, Bank Indonesia (BI) melakukan pelbagai upaya untuk memperkuat rupiah termasuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya stabilitas moneter.

Dalam rangka HUT ke-65 BI dan HUT ke-73 Republik Indonesia, BI mengadakan program Pekan BI Mengajar. Lewat program tersebut, masyarakat diharapkan dapat lebih melek tentang perekonomian nasional serta kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan BI sebagai bank sentral. Selain itu, Pekan BI Mengajar juga merupakan salah satu upaya BI untuk membumikan visi misi dan tugas Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas moneter kepada masyarakat.

Kali ini, Bank Indonesia perwakilan Jawa tengah mengadakan Pekan BI Mengajar di SMAN 3 Semarang. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (7/8/2018) itu diikuti sekitar 250 siswa.

Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra menjadi pembicara dalam program ini. Terdapat empat pokok bahasan yang disampaikan yakni fungsi dan tugas pokok BI, stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan, dan sistem pembayaran serta pengaturan uang rupiah.

Dalam acara tersebut, Rahmat juga mengajak para siswa untuk menjaga stabilitas moneter. Dia menyampaikan kestabilan ini bisa dicapai dengan cara inflasi yang rendah dan stabil. Selain itu, stabilisasi nilai tukar rupiah juga turut berperan dalam upaya menjaga stabilitas moneter.

Semoga dengan edukasi itu, masyarakat dapat ikut menjaga keuangan Indonesia agar stabil ya, Millens. (IB13/E04)